Jakarta (ANTARA News) - China menegaskan kembali pada Rabu tetap sebagai pengguna energi terbesar kedua dengan konsumsi setahun lalu lebih dari 200 juta ton setara minyak standar dibawah Amerika Serikat, laporan kantor berita resmi Xinhua.

China mengkonsumsi 2.146 miliar ton setara minyak tahun lalu, versus 2.382 miliar ton yang digunakan oleh Amerika Serikat, berdasarkan angka departemen energi AS, kata Xinhua mengutip pernyataan bersama dari badan energi China dan biro statistik.

"China dalam proses industrialisasi yang pesat dan urbanisasi. Total pertumbuhan konsumsi energi telah berkurang tahun ke tahun, berkat tindakan konservasi energi dan pengurangan emisi," kata laporan itu.

Namun, sosok itu berbeda dari 2.265 miliar ton minyak yang dilaporkan bulan lalu oleh Badan Energi Internasional, yang mengatakan China telah melampaui Amerika Serikat sebesar 4,4 persen. IEA memperkirakan konsumsi AS berkisar 2.169 miliar ton.

Menurut angka IEA terbaru, penggunaan energi China bertambah dua kali lipat sejak 2000, sedangkan Amerika Serikat telah turun sedikit.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010