Pemkot Jakpus pastikan tidak ada ASN yang absen usai libur Lebaran

Pemkot Jakpus pastikan tidak ada ASN yang absen usai libur Lebaran

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat ditemui di Gedung Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma memastikan tidak ada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Pusat yang absen atau berhalangan hadir di hari pertama masuk kerja usai masa libur Lebaran 2021.

"Alhamdulillah tidak ada (absen) semua sudah masuk. Kalau pun tidak ada, tidak masuk karena memang ada pembatasan sesuai surat edaran Badan Kepegawaian Daerah," kata Dhany saat ditemui di Gedung Wali Kota Jakarta Pusat, Senin.

Berdasarkan pendataan, seluruh jajaran ASN di Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat sejauh ini masuk kerja sesuai dengan aturan yang ada. Selain itu, tidak ada ASN yang melakukan cuti.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Pengendalian Badan Kepegawaian Daerah (BPD) DKI Jakarta Wahyono mengatakan ada 241 ASN yang tak masuk kerja pada Senin, usai libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

"Jumlah PNS DKI 61.474, yang tercatat alfa sebanyak 241 atau 0,39 persen," kata dia.

Baca juga: Puluhan anak yatim dan dhuafa di kawasan Pemkot Jakpus terima santunan
Baca juga: Pemkot Jakpus minta waspadai kembali munculnya klaster perkantoran


Wahyono mengatakan pihaknya tengah mendalami alasan ratusan ASN itu tidak masuk kerja hari ini. Jika terbukti sengaja membolos, akan ada sanksi tegas yang diberikan kepada oknum ASN tersebut.

Namun demikian, sanksi tidak akan diberikan sebelum ada klarifikasi dari ASN yang alfa atau tidak masuk. Hal itu karena tidak menutup kemungkinan ASN sedang menjalankan dinas luar kota.

"Kalau setelah diklarifikasi terbukti alfa, ada sanksi hukuman disiplin pegawai. Ini masih perlu klarifikasi dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Mungkin belum absen karena dinas luar atau lainnya," kata Wahyono.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Taspen: pensiunan ASN tak perlu antre lagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar