Los Angeles (ANTARA News) - Di seluruh Amerika Serikat,  jutaan perempuan bakal berteriak "AAACK!", sebab komik cergam "Cathy", yang menceritakan perjuangan tokoh dalam cerita itu menghadapi citra tubuh dan keseimbangan pekerjaan/hidup, bakal pensiun setelah 34 tahun.

Cergam terakhir akan diturunkan pada 3 Oktober, kata pembuat komik tersebut, sebagaimana dikutip dari Reuters Life!)

Pencipta cergam itu Cathy Guisewite mengatakan keputusan tersebut berpangkal dari keinginan untuk memiliki lebih banyak waktu bersama keluarganya termasuk "seorang putri yang berusia 18 tahun dan memerlukan ibu waktu-penuh guna membantu dia melewati tahun terakhirnya di sekolah menengah" dan "orang-tua tercinta yang aku ingin kunjungi lebih sering lagi".

Cathy Guisewite juga berbicara tentang "jam biologi kreatif, yang mendesak aku agar mencoba sesuatu yang lebih sewaktu aku masih mampu".

"Cathy" pertama kali melancarkan debut pada 1976 dan secara perlahan berkembang dan tampil di sebanyak 1.400 surat kabar. Saat itu, cergam tersebut mengisi sebanyak 700 surat kabar.

Tokoh itu, semacam perubahan ego penulisnya --Cathy Guiswite, memiliki penggemar di kalangan perempuan dari segala lapisan usia.

Tokoh tercinta yang suka berbelanja tersebut secara berkelakar berjuang melawan citra tubuh, keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi, dan ibu yang bermaksud baik tapi selalu campur-tangan. Pada puncak kekecewaannya, "Cathy" akan mengumandangkan teriakan khasnya "AAACK!"

"Cathy menyeimbangkan kebenaran dan humor dan berbicara dengan perempuan dengan cara yang diupayakan hanya oleh sedikit komik," kata Lee Salem, Presiden dan Redaktur Universal Uclick --yang menyiarkan cergam tersebut.

Komik cergam itu telah dikumpulkan di dalam lebih dari 30 buku. Pada 1992, National Cartoonists Society memberi penghargaan kepada Cathy Guisewite dengan Reuben Award. Ia juga menerima Emmy Award buat "Ounstanding Animated Progeam" pada 1987.
(C003/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010