Jakarta (ANTARA News) - Kita datang ke pusat kebugaran dengan tujuan berolahraga agar badan sehat. Namun, pusat kebugaran bisa menjauhkan kita dari misi mulia itu karena menjadi tempat berkumpulnya kuman.

Tulisan yang dimuat dalam National Athletic Trainers Association menekankan bahwa orang yang bekerja dalam lingkungan seperti pusat kebugaran, beresiko terkena infeksi kulit dan penyakit menular lain.

Berikut ini tips yang diberikan dokter Brian B. Adams, MD guru besar tamu ilmu penyakit kulit di Universitas Cincinnati, Amerika Serikat untuk membuat kita tetap sehat saat berolahraga di pusat kebugaran.

1. Tutup luka dengan plester, termasuk luka kecil seperti bintil kuku, kulit kering atau kulit retak.

2. Semprot alat-alat olahraga yang akan digunakan dengan cairan pembasmi kuman, meski alat itu tidak terlihat berkeringat. Untuk memastikan kuman mati, biarkan selama beberapa menit sebelum mengelapnya dengan kain bersih.

3. Jangan pernah membiarkan kaki telanjang anda menyentuh lantai, termasuk di kamar mandi, ruang ganti dan pingir kolam renang. "Selalu gunakan sandal. Jadikan kebiasaan saat anda lupa memakainya seakan-akan anda menyetir tanpa menggunakan sabuk pengaman," kata Adams, seperti dikutip dari Self.

4. Jangan lupa mandi sebelum anda meningalkan pusat kebugaran. Setidaknya cuci kaki anda (termasuk diantara jari kaki), dan keringkan. Bakteri dan jamur berkembang di lingkungan lembab dan hangat.

5. Keringkan sandal di bawah cahaya sinar matahari sebelum menggunakannya lagi. Dengan cara ini bakteri tidak bisa tinggal di sandal anda. Anda bisa membawa dua sandal untuk dipakai bergantian.

6. Bawa tas terpisah untuk membawa baju olahraga anda yang penuh keringat, dan kotor. Bakteri dan jamur menyukai keringat.

7. Sebelum menjadi anggota suatu pusat kebugaran, tanyakan seberapa sering mereka membersihkan peralatan dan jenis produk pembersih apa yang mereka gunakan. Mintalah jadwal pembersihan alat mereka. Bila mereka tidak bisa menunjukkan kepada anda, kemungkinan besar kebersihan mereka kurang. Cari pusat kebugaran lain.

8. Bawa sendiri handuk untuk mengelap keringat anda.

9. Gunakan punggung telapak tangan anda untuk mendorong rambut yang menutupi wajah anda. Punggung tangan merupakan daerah yang cenderung sedikit terkontaminasi.

10. Bawa sendiri matras anda. Penelitian menunjukkan bahwa matras di pusat kebugaran menjadi daerah terkotor di pusat kebugaran, bahkan menunjukkan sisa-sisa kotoran. Cuci matras anda sekali seminggu (kebanyakan bisa dicuci dengan mesin cuci) untuk menghilangkan kotoran.
(ENY/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010