Gubernur NTT tekankan pentingnya keramahtamahan di destinasi wisata

Gubernur NTT tekankan pentingnya keramahtamahan di destinasi wisata

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (keempat kanan) saat beraudiensi dengan jajaran panitia Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 di Kupang, Senin (17/5/2021). ANTARA/HO-Biro Humas Setda Provinsi NTT

Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat menekankan pentinya pembehanan aspek keramahtamahan dalam perilaku masyarakat pada tujuh destinasi di NTT yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

"Kita harus punya hospitality dan SDM yang benar-benar berkualitas untuk bisa memajukan NTT melalui pariwisata," katanya dalam pertemuan dengan jajaran panitia pelaksana Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 di Kupang, Senin.

Hospitality harus benar-benar bisa menjadi budaya masyarakat NTT, katanya menegaskan.

Konsep ini, lanjut dia juga memang harus diterapkan pada tujuh desintasi nominasi API Award 2021 di antaranya Pantai Liman Semau Kabupaten Kupang , Fatumnasi Kabupaten Timor Tengah Selatan, Wolwal Kabupaten Alor.

Selain itu Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao, Lamalera Kabupaten Lembata, Praimadita Kabupaten Sumba Timur dan Koanara Kabupaten Ende.

Gubernur Viktor mengatakan pariwisata NTT harus dikelola dengan managemen terbaik sehingga mengubah cara pandang warga NTT agar lebih berkeadaban.

Ia mengatakan bahwa API Award ini harus memberi dampak bagi pertumbuhan dan perkembangan secara serius bagi pariwisata di provinsi berbasiskan kepulauan ini.

Kegiatan Malam API Award 2021 yang rencananya akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat pada 20 Mei mendatang baru merupakan pekerjaan yang minimal.

Pekerjaan yang maksimalnya, kata dia adalah pariwsata harus bisa dikembangkan menjadi industri dan memberi dampak yang maksimal bagi kemajuan ekonomi masyarakat NTT.

"Pekerjaan ini memang tidak main-main, hanya bisa dilakukan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja di luar kebiasaan, out of the box," katanya.
Baca juga: BPOLBF bantah terlibat penyelewengan anggaran Rp10 miliar
Baca juga: NTT ditunjuk jadi tuan rumah Hari Konservasi Alam Nasional 2021
Baca juga: BOPLBF gali potensi wisata istana ular di Manggarai Barat

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

NTT jadi fokus sasaran pengembangan digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar