Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Bank Indonesia terpilih Darmin Nasution, Jumat siang ini mendapat anugerah tanda kehormatan dari Pemerintah Republik Indonesia yang diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka Jakarta.

Bersama 31 orang penerima tanda kehormatan lainnya, Darmin menerima medali yang disematkan langsung oleh Presiden Yudhoyono yang didampingi oleh Wakil Presiden Boediono, Ibu Ani Yudhoyono dan Ibu Herawati Boediono.

Tanda kehormatan yang diterima Darmin adalah penghargaan Bintang Mahaputra Utama, yang diberikan kepada tokoh yang dianggap telah berjasa terhadap negara di bidang tertentu.

Pemerintah RI melalui Presiden, setiap menjelang perayaan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus selalu memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh. Pada 2010 ini, Pemerintah memberikan tujuh jenin penghargaan kepada 32 orang.

Bintang Mahaputra Adipradana diberikan kepada Ketua DPD RI Irman Gusman, mantan Menteri Pertanian Anton Apriyantono, dan mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar.

Bintang Mahaputra Utama diberikan kepada Laode Ida, Abdul Multhie Fadjar, Maruarar Siahaan, Darmin Nasution, dan Midian Sirait.

Bintang Mahaputra Pratama diberikan kepada Letjen TNI (Purn) Bambang Darmono dan Mayjen TNI (Purn) Eddie Mardjoeki Natapraya.

Bintang Jasa Utama diberikan kepada Mulia Panusunan Nasution, Rudy Lengkong, Waryono Karno, Farid Wadjdi Husain, Mayjen TNI (Purn) Usman Basjah, I Gusti Agung Waseka Pudja, Dino Patti Djalal dan Retno Kustiyah.

Bintang Jasa Pratama diberikan kepada Eddy Abdurrachman, Basoeki Koesasi, Marthin Billa, Willy M Yoseph, Diani Budiarto dan Johanes Gluba Gebze.

Bintang Jasa Nararya diberikan kepada Itoy Kiskenda Suriahardja, M Iman Santoso, Bambang Setiawan Tejasukmana, H Burhanuddin Mahir, Evita Herawati Legowo.

Sementara Bintang Budaya Parama Dharma diberikan kepada Trisuti Djuliati Kam, Rahayu Supanggah dan I Gusti Ngurah Putu Wijaya.

Darmin Nasution dilahirkan di Tapanuli, 21 Desember 1948, dan pada tahun 1986 beliau mendapatkan gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Paris, Sorbonne, Perancis.

Pernah menjabat sebagai Direktur Jendral Lembaga Keuangan pada tahun 2000-2005 dan setelah itu menjabat sebagai Ketua Bapepam dan Lembaga Keuangan sampai dengan tahun 2006. Jabatan terakhir sebelum menjabat Deputi Gubernur Senior di Bank Indonesia adalah sebagai Direktur Jendral Pajak.

Darmin Nasution ditetapkan sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia untuk masa jabatan 2009 - 2014 berdasarkan Keputusan Presiden RI No.57/P Tahun 2009, tertanggal 17 Juli 2009 dan diambil sumpahnya (dilantik) pada tanggal 27 Juli 2009.

Sehubungan dengan terbitnya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 38/P Tahun 2009 tanggal 19 Mei 2009 tentang pemberhentian Prof. Dr. Boediono dari jabatan Gubernur Bank Indonesia, serta menunjuk Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009, maka Deputi Gubernur Senior, Darmin Nasution, akan menjalankan tugas pekerjaan Gubernur sebagai Pejabat Sementara Gubernur Bank Indonesia.

Namun, pada 22 Juli lalu DPR RI menetapkan Darmin sebagai Gubernur BI terpilih setelah lolos dari uji kepatutan dan kepantasan yang dilakukan Komisi XI DPR RI.(*)

(L.G003*D012/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010