New York (ANTARA News) - Penyanyi jazz Abbey Lincoln, yang karirnya selama enam dasawarsa meliputi akting dan penggubah lagu dan ikut dalam gerakan hak asasi rakyat sipil AS, meninggal di New York, Sabtu, dalam usia 80 tahun.

Laporan The New York Times, yang mengutip keterangan saudaranya menyebutkan Abbey, yang dilahirkan Chicago dan seringkali dikatakan sangat dipengaruhi oleh penyanyi jazz kenamaan Billie Holiday, memulai karir nyanyinya pada pertengahan 1950-an bersama "Abbey Lincoln`s Affair ... a Story of a Girl in Love" dan tampil sampai tak lama sebelum kematiannya.

Biduanita tersebut juga tampil di beberapa film, termasuk "For Love of Ivy".

Di film itu, ia menjadi lawan main Sidney Poitier pada 1968. Untuk perannya tersebut ia dinominasikan sebagai salah seorang peraih Golden Globe, dan "The Girl Can`t Help It", kendaraan Jayne Mansfield 1956 mengenai rock `n` roll, dan Abbey melantunkan lagu di sana.

Selama 1960-an, ia menikahi musikus jazz Max Roach, dan menjadi penganjur kuat aksi hak asasi rakyat sipil pada masa itu. Mereka bercerai pada 1970.

Abbey telah merekam lebih dari 20 album, termasuk "Abbey Sings Abbey", yang diluncurkan pada 2007 dan menampilkan karyanya sendiri.
(C003/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010