Jakarta (ANTARA News) - Istri mantan Presiden pertama Republik Indonesia, Dewi Soekarno, menghadiri upacara penurunan bendera di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Kehadiran Dewi berusia 70 tahun masih terlihat sehat dan segar itu langsung menarik perhatian para undangan upacara penurunan bendera yang akan dimulai pukul 17.15 WIB itu.

Dewi berkebaya putih dengan rambut dicat keemasan tergelung ke atas itu turun dari mobil boogie di teras samping Istana Merdeka dan setelah meladeni permintaan berfoto dari beberapa orang langsung naik ke teras depan Istana Merdeka tempat duduk para undangan.

Sebelumnya, keluarga Soekarno yang menghadiri peringatan hari ulang tahun ke-65 kemerdekaan Republik Indonesia adalah Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputri pada upacara penaikan bendera pagi hari pukul 10.00 WIB.

Dewi berdarah jepang dengan nama asli Naoko Temoto baru muncul sore hari ditemani suami Rachmawati Soekarnoputri.

Peringatan hari ulang tahun ke-65 kemerdekaan Republik Indonesia tidak dihadiri oleh mantan kepala negara. Hanya hadir mantan wakil Presiden Try Sutrisno dan Jusuf Kalla.

Upacara penurunan bendera akan berlangsung hingga pukul 17.40 WIB dengan pembawa baki Titis Wardiyani dari SMKN 2 Pengasih Yogyakarta, dan pengibar bendera Agung Saputra dari SMAN 1 Kayu Agung Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, M Aly dari SMAN 1 Gresik Jawa Timur, dan MA Rubi Ma`bud dari SMAN 5 Makassar.

Bertindak sebagai komandan upacara adalah Danrem Siliwangi Kolonel Inf Doni Munardo.

Sebelum upacara penurunan bendera dimulai, situasi di sekitar lapangan upacara sudah semrawut dengan tamu undangan berdiri berdesakan di pinggir tenda karena tidak mendapat tempat duduk.
(D013/E001)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010