Jakarta (ANTARA News) - Pelatih kepala Timnas Indonesia Alfred Riedl terpaksa mencoret dua pemain asal Persipura, Boaz Salossa dan Ian Louis Kabes karena terlambat bergabung di Pelatnas.

"Kami terpaksa mencoret mereka untuk Pelatnas tahap pertama ini. Mereka masih bisa bergabung dalam Pelatnas tahap kedua pada bulan Oktober mendatang," ujar Alfred Riedl di Jakarta, Rabu.

Riedl didampingi asistennya Wolfgang Pikal manyampaikan itu di sela-sela latihan Timnas di lapangan Timnas PSSI Senayan Jakarta.

Ia menegaskan, kedua pemain tersebut terpaksa dicoret karena tidak memiliki komitmen yang kuat untuk bergabung ke Pelatnas. Disamping itu komunikasi antara dirinya dengan kedua pemain juga agak tersendat.

"Mereka pemain berkualitas, tapi tampaknya kurang memiliki komitmen," ujarnya.

Sesuai peraturan, kedua pemain tersebut terancam diadukan ke Komisi Disiplin PSSI karena dianggap melanggar pasal 78 Kode Disiplin PSSI dengan ancaman skorsing minimal 6 bulan dan denda Rp100 juta.

Sementara pemain Persipura lainnya, Immanuel Wanggai sudah bergabung di Pelatnas, namun ia belum bisa mengikuti latihan secara penuh akibat cedera engkel kaki kirinya yang diderita saat tampil di Piala Indonesia belum pulih seratus persen.

Wolfgang Pikal menambahkan, selain latihan fisik, para pemain Timnas juga melaksanakan latihan permainan (games) dan pelatihan psikologi dalam rangka pembentukan karakter.

"Latihan psikologi itu bertujuan untuk melihat rasa tanggungjawab para pemain," ujar Pikal.

Daftar pemain Timnas: kiper :Markus Harison (Persib Bandung), Ferry Rotinsulu (SFC), Kurnia Meiga (Arema Indonesia).

Belakang: Nova Ariyanto (Persib Bandung), Maman Abdurrahman (Persib Bandung), R. Latief (PSM Makasar), R. Sallampessy (Persipura Jayapura), Yesaya Desnam (Persiwa Wamena), Zulkifli Syukur (Arema Indonesia), M. Nasuha (Persija Jakarta), Benny Wahyudi (Arema Indonesia).

Tengah: Tony Sucipto (Sriwajaya FC), Eka Ramdhani (Persib Bandung), Firman Utina (Sriwijaya FC) , Donny F. Siregar (Persiba Balikpapan), Ahmad Bustomi (Arema Indonesia), Arif Suyono (Sriwijaya FC), Imanuel Wanggai (Persipura Jayapura), M. Ridwan (Pelita Jaya), Atep (Persib Bandung).

Depan: Bambang Pamungkas (Persija Jakarta), M. Isnaini (PSPS Pekanbaru), Yongki Ariwibowo (Persela Lamongan), Jaya Teguh Angga (Persema Malang).(*)
(ANT-132/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010