Jakarta (ANTARA) - Koordinator Nasional Jaringan Mubalig Muda Indonesia (JAMMI) Irfaan Sanoesi mengapresiasi imbauan Kepala Staf Kantor Kepresidenan (KSP) Moeldoko terkait konflik Palestina-Israel.

“Penting pejabat publik seperti Pak Moeldoko bersuara lantang mengingatkan kita agar tidak terseret perdebatan tidak produktif mengenai konflik berkepanjangan Palestina dengan Israel,” kata Irfaan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Moeldoko yang mengimbau kepada masyarakat agar menghentikan segala perdebatan yang tidak produktif. Situasi yang terjadi di Palestina dengan Israel dikhawatirkan dapat memicu percikan perpecahan di tengah masyarakat.

Irfaan menengarai ada sekelompok masyarakat yang menuding mendukung Palestina berarti mendukung kelompok Hamas yang diduga teroris. Padahal, menurutnya, sikap bangsa Indonesia jelas mendukung kemerdekaan Palestina sejak sebelum masa kemerdekaan bangsa Indonesia hingga kini.

Baca juga: Moeldoko: Sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah

“Sejak dulu hingga masa Pak Joko Widodo sikap Indonesia tidak berubah terhadap Palestina, yakni mendukung penuh kemerdekaan mereka. Amanat konstitusi kita sudah jelas mengutuk segala macam penjajahan. Apalagi jika dibarengi dengan tindak kekerasan yang menghilangkan nyawa banyak orang,” jelas Irfaan.

Irfaan mengingatkan sejak sebelum Indonesia proklamasi pada 17 Agustus 1945, rakyat Palestina aktif mendukung bahkan menggalang dana untuk perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sejarah mencatat seorang pengusaha kaya Palestina, Ali Thahir menguras semua tabungannya untuk perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Selain itu Syaikh Amin Husaini, seorang Mufti Besar Palestina memberikan dukungan secara terbuka bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia di radio. Dia pun aktif melakukan lobi-lobi pemimpin Timur Tengah agar mengakui kemerdekaan Indonesia,” kata Irfaan.

Karena itu, menurut JAMMI, suara Moeldoko mewakili sikap pemerintah yang konsisten mendukung kemerdekaan Palestina di samping mengecam krisis kemanusiaan dan agresi militer kepada masyarakat sipil Palestina.

Baca juga: Makarim: Perlu kampanye tentang pelanggaran HAM Israel di Palestina

Bahkan kata Irfaan, Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri berperan aktif berkomunikasi dengan pemimpin berbagai negara. Agar dapat membantu penyelesaian Palestina dan terutama untuk bisa mengakhiri tindak kekerasan sehingga korban jiwa tidak semakin bertambah. Dan juga menghadirkan keadilan bagi masyarakat Palestina.

Untuk itu imbauan Moeldoko agar tidak ikut terseret dalam situasi konflik di antara anak bangsa dianggap sangat tepat.

“Kita mendukung Palestina sebagaimana sikap konsisten pemerintah dengan akal sehat dan penuh empati," ujar Irfaan.

Dia menegaskan tugas masyarakat Indonesia mendoakan warga sipil Palestina agar tetap aman, melakukan lobi-lobi diplomatis dan menggalang kekuatan bersama negara lain adalah kita percayakan kepada pemerintah sebagai wujud dukungan secara terbuka bagi perjuangan kemerdekaan Palestina. Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa sesuai amanat konstitusi.

Baca juga: FUIB Sulsel dorong Indonesia segera kirim bantuan kemanusiaan

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021