Menparekraf berdialog dengan pelaku pariwisata Malang Raya

Menparekraf berdialog dengan pelaku pariwisata Malang Raya

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah) saat melihat produk-produk buatan pelaku usaha ekonomi kreatif di Museum Panji, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (21/5/2021). ANTARA/Vicki Febrianto

Kami punya program-program yang diharapkan bisa meningkatkan keterampilan digital, keterampilan membuat konten, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan dialog dengan para pelaku usaha sektor pariwisata di wilayah Malang Raya, dalam upaya pemulihan sektor, yang terdampak pandemi virus corona tersebut.

Sandiaga mengatakan strategi yang disiapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di antaranya adalah dengan melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, agar mampu bangkit dari dampak pandemi COVID-19.

"Kita bicara tentang strategi pengembangan pariwisata melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," katanya di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat.

Sandiaga mengatakan selain inovasi, adaptasi, dan kolaborasi tersebut juga diharapkan ada gerak cepat, gerak bersama, dan garap semua potensi yang ada, untuk menjadikan Indonesia maju.

Menurut Sandiaga, Kementerian Pariwsata, dan Ekonomi Kreatif juga menyiapkan beberapa program yang diharapkan bisa disinergikan dengan pelaku usaha pariwisata, dan ekonomi kreatif khususnya yang ada di wilayah Malang Raya.

"Kami punya program-program yang diharapkan bisa meningkatkan keterampilan digital, keterampilan membuat konten, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja," kata Sandiaga.

Selain itu, lanjutnya, ia juga telah menyiapkan program-program berkeadilan yang memberikan akses terhadap pendanaan yang diperlukan oleh masyarakat, khususnya yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami punya dana hibah pariwisata, bantuan pemerintah dan juga program-program pelatihan yang lain," katanya.

Dengan adanya program-program tersebut, Sandiaga juga meminta masyarakat untuk melakukan pengawasan dan mengawal program pemerintah. Diharapkan, dengan adanya pengawasan tersebut bantuan bisa tepat sasaran.

"Kami minta untuk dikawal program pemerintah, jangan sampai ada yang bocor, jangan sampai ada yang tidak tepat sasaran, tidak tepat manfaatnya dan tidak tepat waktu," kata Sandiaga.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan terus menyalurkan bantuan-bantuan tersebut dalam upaya untuk memulihkan sektor pariwisata di dalam negeri. Diharapkan, sektor pariwisata bisa melakukan adaptasi pada kondisi pandemi COVID-19, guna mendorong pemulihan sektor tersebut.

Baca juga: Sandiaga Uno paparkan 3 jurus dongkrak daya saing parekraf di Yogya
Baca juga: Menparekraf ajak pelaku ekonomi kreatif bikin produk ramah lingkungan
Baca juga: Menparekraf pastikan destinasi wisata terapkan protokol kesehatan


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menparekraf minta jangan sampai sektor pariwisata kibarkan bendera putih

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar