Jakarta (ANTARA News) - Perum LKBN ANTARA dan BNI menjalin kerja sama layanan cash management untuk mendukung kelancaran operasional kantor berita Indonesia itu.

Penandatanganan kerja sama yang dilakukan di Gedung BNI itu dilakukan oleh Dirut LKBNANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf dan Dirut BNI Gatot M Soewondo di Jakarta, Kamis, yang dihadiri oleh jajaran direksi BNI dan LKBN Antara.

Dengan kerja sama itu, BNI antara lain akan menyediakan layanan rekening virtual bagiANTARA di mana seluruh dana yang masuk dan telah efektif akan langsung dipindahkan secara otomatis oleh sistem BNI.

Rekening virtual adalah rekening yang dibuka BNI atas permintaanANTARA yang memuat nomor identifikasi pelanggan perum Antara dan dipergunakan sebagai rekening tujuan untuk melakukan setoran atas hasil penjualan jasa ANTARA.

Selain itu, BNI juga akan menyediakan rekening pooling milikANTARA yang dibuka di kantor cabang induk untuk menampung dana hasil penerimaan penjualan jasa ANTARA.

BNI juga memberikan fasilitas "BNI direct" adalah fasilitas corporate internet banking kepada ANTARA guna memberikan kemudahan bagi ANTARA untuk mengakses melalui jaringan internet.

Dalam sambutannya, Ahmad Mukhlis Yusuf menjelaskan bahwa kerja sama cash management dengan BNI ini merupakan bagian dari transformasi yang sedang dijalani ANTARA.

"Banyak agenda yang sedang kita bangun dalam proses transformasi ini dengan tujuan membangun sistem yang mapan untuk menciptakanANTARA sebagai kantor berita yang sehat secara finansial dan ideologi," katanya.

Ahmad Mukhlis Yusuf juga menjelaskan bahwa kerja sama itu sejalan dengan revitalisasi bisnis yang dijalankanANTARA seperti menjalin strategic communication dengan beberapa media massa dan perusahaan lain.

"Kerja sama cash management ini juga bagian dari konsolidasi, dan governance yang dilakukan Antara," katanya.

Sedangkan Dirut BNI Gatot M Soewondo mengatakan bahwa program cash management itu merupakan program unggulan BNI yang baru saja mendapat penghargaan dari majalah AsiaMoney untuk layanan cash management bank lokal di Indonesia.

"Kami mengharapkan kerja sama ini bisa berlanjut ke depan demi kebaikanANTARA dan BNI," katanya.
(D012/B010)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010