Jakarta (ANTARA) - Pejabat pemerintah Jepang dan penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo mengisyaratkan lampu hijau untuk mengizinkan sejumlah penonton hadir dalam pertandingan olahraga tersebut jika tindakan pencegahan penyebaran virus corona dilakukan secara menyeluruh.

Dikutip dari Kyodo, Minggu, pernyataan dari sumber yang dekat dengan masalah tersebut datang hanya dua bulan sebelum pembukaan Olimpiade, pada 23 Juli, dan di tengah seruan publik untuk membatalkan acara karena skeptisisme tentang kemampuan penyelenggara untuk menahan penyebaran virus corona.

Ibukota Jepang telah berada dalam keadaan darurat COVID-19 sejak akhir April di tengah gelombang keempat infeksi virus corona.

Baca juga: Jepang batasi jumlah ofisial Olimpiade Tokyo menjadi 78.000 orang

Panitia dijadwalkan untuk memutuskan bulan depan tentang jumlah penonton dengan mempertimbangkan situasi infeksi dan faktor lainnya.

Ada kekhawatiran bahwa mengizinkan penonton akan meningkatkan lalu lintas pejalan kaki di luar tempat tinggal, yang berarti tindakan pencegahan penyebaran virus tambahan akan diperlukan.

Sumber juga mengatakan opsi tanpa penonton kemungkinan akan dipertahankan hingga menit terakhir jika situasi semakin memburuk.

Baca juga: Presiden Prancis Macron akan hadiri Olimpiade Tokyo

Perdana Menteri Yoshide Suga menginginkan adanya penonton, dengan sumber mengonfirmasi bahwa langkah-langkah sedang dipertimbangkan untuk memungkinkan penonton di tribun.

Saat mengumumkan keadaan darurat yang sedang berlangsung pada akhir April, pemerintah menetapkan kebijakan dasar untuk tidak mengizinkan penonton di acara besar di daerah darurat.

Kebijakan itu dilonggarkan ketika keadaan darurat diperpanjang pada 7 Mei, dengan kehadiran dibatasi 5.000 orang atau 50 persen dari kapasitas tempat.

Baca juga: IOC siap kirim staf medis ke Olimpiade Tokyo

Dorongan untuk mengizinkan penonton semakin menguat melihat rekam jejak penyelenggaraan bisbol profesional dan sepak bola profesional dalam menerima penggemar tanpa masalah yang berarti dan juga keberhasilan uji coba Olimpiade.

"Diskusi tentang tidak adanya penonton sudah berakhir, dan sekarang pertimbangan utama adalah berapa banyak yang bisa kami izinkan," kata seorang pejabat yang memiliki peran sentral dalam mempersiapkan pertandingan.

Namun, jika jumlah penonton dibatasi, diperlukan undian untuk dipilih di antara pemegang tiket. Persiapan yang diperlukan untuk langkah seperti itu berarti tidak banyak waktu tersisa sebelum Olimpiade dimulai.

Baca juga: Atlet Inggris akan divaksinasi sebelum Olimpiade Tokyo

Ada juga pendapat bahwa "pertandingan harus dilanjutkan tanpa penonton untuk meringankan beban operasional, dan berkonsentrasi pada penganggulangan infeksi untuk atlet dan pemangku kepentingan."

Masalah seputar pengaruh cuaca panas pada penonton juga termasuk yang masih belum terselesaikan.

Pada Maret lalu, pemerintah dan penyelenggara memutuskan untuk melarang penonton dari luar negeri. Keputusan untuk membatasi penonton domestik akan dibuat pada bulan April, namun ditunda hingga Juni karena lonjakan kasus COVID-19.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021