Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal MPR RI sekaligus Ketua Umum Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (KAFH Unsoed) Ma'ruf Cahyono mengajak para alumni Unsoed untuk ikut memperkuat implementasi nilai-nilai kebangsaan.

"Diperlukan soliditas dan solidaritas, agar keluarga alumni memiliki semangat yang sama untuk mewujudkan visi dan misi melalui penguatan implementasi nilai-nilai kebangsaan, tata kelola yang baik untuk kesejahteraan alumni berdasarkan prinsip kekeluargaan dan kegotongroyongan," kata Ma'ruf dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Hal itu dikatakan Ma'ruf saat menghadiri acara Halal Bi Halal (HBH) dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1442 H, yang digelar oleh KAFH secara luring dan daring.

Dia mengatakan, dengan soliditas dan solidaritas, maka KAFH akan mampu beradaptasi dengan kondisi apapun termasuk menghadapi bencana pandemi COVID-19 beserta dampaknya yang sama-sama alami masyarakat.

Baca juga: Ketua MPR: Harkitnas jadi aspirasi majukan pendidikan nasional
Baca juga: MPR dukung gencatan senjata Palestina dengan Israel


Ma'ruf menyampaikan tiga hal penting kepada Keluarga Alumni Fakultas Hukum Unsoed yaitu tentang pentingnya pondasi nilai-nilai, tata kelola organisasi yang baik, dan kontribusi mewujudkan kesejahteraan alumni.

Ketiga poin itu menurut dia, merupakan satu rangkaian yang diharapkan dapat mendorong kontribusi KAFH kepada almamater, masyarakat, bangsa, dan negara.

"Salah satu tugas KAFH adalah menjaga, merawat, dan menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan yakni nilai religiusitas, humanitas, nasionalitas, demokrasi dan keadilan," ujarnya.

Dia menilai, melalui implementasi nilai-nilai yang baik, maka akan dapat membangun soliditas, memperkuat solidaritas, dan berkontribusi membangun bangsa bangsa dan negara.

Menurut dia, untuk mengukur manfaat keberadaan alumni tentu tidak sulit, kegiatan silaturahmi adalah wujud konkrit implementasi terhadap nilai-nilai dan tata kelola.

"Kesejahteraan alumni tidak hanya diukur dari aspek-aspek yang besifat ekonomis, tetapi kohesi sosial yang kuat diantara para alumni dalam ikatan kekeluargaan, saling empati, mau berbagai dan peduli sesama alumni, dan sosial kemasyarakatan adalah wujud nyata dari kebahagiaan dan kesejahteraan alumni," katanya.

Acara tersebut juga dihadiri antara lain Wakil Ketua Umum KAFH Suwardi, Sekretaris Jenderal KAFH Unsoed Imarotun Noor Hayati M, dan Dekan Fakultas Hukum Unsooed Ade Maman Suherman.

Baca juga: MPR minta pemerintah investigasi kebocoran data 297 juta penduduk
Baca juga: Ketua MPR RI mengapresiasi capaian kinerja 100 hari Kapolri


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021