New York (ANTARA News/Reuters) - Juara bertahan AS terbuka Juan Martin Del Potro tidak akan bisa mempertahankan gelarnya bulan ini, karena belum pulih dari cedera pergelangan tangan yang membuatnya absen sejak Januari.

"Saya merasa sangat sedih untuk mengumumkan saya tidak akan mampu mempertahankan gelar AS Terbuka saya," kata petenis Argentina berusia 21 tahun itu pada laman Tur ATP (www.atpworldtour.com), Sabtu.

"Menang di New York tahun lalu adalah prestasi besar saya dalam tenis dan sejauh ini kenangan terindah."

Turnamen tersebut akan dimulai 30 Agustus dan sudah kehilangan petenis putri peringkat satu dunia Serena Williams yang menarik diri pada Jumat karena cedera kaki.

"Sayang sekali Juan Martin belum pulih dari operasi pergelangan tangan pada waktunya untuk mempertahankan gelar AS Terbuka. Kami mengharapkan yang terbaik bagi dia dan menanti dia kembali ke New York tahun depan," kata direktur turnamen Jim Curley dalam pernyataannya.

Petenis jangkung asal Argentina itu mengalahkan Roger Federer dalam lima set pada 2009 untuk meraih gelar grand slam pertamanya tetapi musim ini terganggu oleh masalah pergelangan tangan.

Del Potro bermain di Australia Terbuka tetapi menarik diri dari sejumlah turnamen setelah itu dan mengumumkan pada Mei bahwa ia menjalani operasi dan hampir dipastikan kehilangan tiga grand slam yang tersisa. (F005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010