Jakarta (ANTARA News) - Beberapa hasil menakjubkan tercatat saat dilakukannya perawatan anak laki-laki yang berusia 12 tahun dan menderita diabetes dengan terapi sel batang di rumah sakit mitra Beijing.

Anak laki-laki tersebut telah benar-benar kembali ke kehidupan normalnya, serta dapat menikmati olah raga dan kegiatan sekolah sama seperti anak-anak lain seusianya.

Selain itu dia juga sudah bebas dari suntikan dan obat-obatan lebih dari setengah tahun.

"Seluruh keluarga kami sangat bahagia dengan hasil ini," kata ibu anak tersebut saat wawancara di Cellonis Biotechnologies, perusahaan aplikasi dan penelitian kesehatan Beijing dan Hong Kong.

"Sekarang dia tidak berbeda dengan teman-temannya di sekolah. Tidak ada lagi tanda-tanda diabetes. Dulunya dia sering batuk saat musim semi dan dingin, tapi setelah terapi, kami belum pernah sama sekali melihatnya batuk. Kami sangat senang."

Dokter yang merawat anak tersebut, Dr Shi, sama puasnnya.

"Perawatan pasien kami yang manjur sangat mengejutkan saya," kata dia.

"Dia belum disuntik insulin selama delapan bulan sehingga tidak perlu cemas dengan gula darahnya selama PE."

"Diabetes juga dapat menghambat pertumbuhan menjadi lebih kecil dan lemah dibandingkan anak-anak lain, tapi dia sudah tumbuh lebih dari 10 sentimeter selama setengah tahun terakhir ini. Ini adalah kabar yang sangat baik."

Cegah komplikasi diabetes
Diabetes secara khusus dapat berbahaya bagi anak-anak dan berpengaruh pada mereka secara sosial. Mereka harus dirawat ketika bermain, mengkonsumsi makanan bergizi dan disuntik insulin setiap hari.

Anak-anak penderita diabetes memiliki risiko lebih besar mengalami komplikasi seperti penderita lain yang berdampak pada ginjal dan mata.

Perawatan biasa tidak dapat mencegah komplikasi jangka panjang dan penyakit itu sering menyebabkan efek samping yang berbahaya. Terapi sel batang dari Cellonis sesuai untuk semua usia tanpa efek samping, kata perusahaan tersebut.

"Perawatan sel batang adalah harapan baru untuk para penderita diabetes," lanjut Dr Shi.

"Terapi ini dapat mengganti sel pankreas yang tidak berfungsi, menyentuh akar dari penyakit itu. Perawatan sel batang, pada diabetes dan banyak penyakit lain, mewakili era baru dalam pengobatan."

Cellonis Biotechnologies memusatkan perhatian pada aplikasi klinik serta penelitian dan pengembangan terapi sel batang pribadi untuk pasien dengan berbagai penyakit termasuk kanker, diabetes dan kelainan sistem syaraf pusat.
(C003/s018)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010