Canberra (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sejumlah personel militer Australia pada Selasa meninggalkan Dili, Timor Leste, setelah dua pekan kunjungan untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan di negara itu dalam misi tahunan Kemitraan Pasifik 2010, yang dipimpin Amerika Serikat.

Sesuai program tersebut, tim dokter dan spesialis lain dari Australia dan AS berkeliling ke kawasan itu selama tiga bulan, menumpang Kapal Rumah Sakit Terapung USNS Mercy.

Misi utama mereka adalah untuk menyampaikan bantuan kemanusiaan, pengobatan dan tugas-tugas teknik.

Kemitraan Pasifik telah dilakukan setiap tahun oleh Armada Pasifik AS sejak tragedi tsunami menghantam Aceh, Indonesia, pada 2004.

Ini merupakan tahun kelima keterlibatan Australia di Kemitraan Pasifik. Personel pasukan Australia (Australian Defense Force/ADF) telah membantu kegiatan-kegiatan bantuan kemanusiaan di Vietnam, Kamboja, Indonesia, Papua Nugini dan Timor Leste.

Kemitraan Pasifik 2010 dimulai pada Juni dengan keikutsertaan 70 personel ADF di tiga kelompok kerja pada USNS Mercy.

Dalam pelayaran akhir di Timor Leste, 25 personel ADF termasuk para pekerja Labuan dan Tarakan bersama personel pasukan AS dan Timor Leste, telah melakukan beragam kegiatan bantuan.

Usaha bantuan kemanusiaan mencakup proyek-proyek teknik, medis, kesehatan gigi dan jasa pelayanan masyarakat di berbagai wilayah di Timor Leste," kata Komandan Misi ADF, Letnan Kolonel David Collins dalam satu pernyataan.

Menurut dia, para insinyur telah melakukan pengecetan dan perbaikan gedung-gedung sekolah di ibu kota Dili.

Sementara kelompok personel medis dan kesehatan gigi telah melakukan 174 operasi medis di 11 ruang operasi di Kapal Rumah Sakit Terapung USNS Mercy, dan mengobati 19.000 pasien dalam beragam penyakit yang diderita.

(M043/M016/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010