Palu (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri yang dijadwalkan akan mengunjungi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) selama dua hari pada Rabu dan Kamis, 25-26 Agustus 2010, batal.

"Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para pejabat forum pimpinan daerah Sulawesi Tengah atas ketidakhadiran bapak Kapolri, karena beliau harus menjalani istirahat (sakit) di kediaman," kata Irwasum Polri, Komjen Polisi Nanang Sukarna di hadapan para undangan saat Safari Ramadhan di Palu, Rabu malam.

Untuk itu, kata Nanang, dirinya bersama sejumlah pejabat utama Mabes Polri menghadiri safari Ramadhan di Palu mewakili Kapolri Bambang Hendarso Danuri.

Meski demikian, kata Nanang, Kapolri sempat menitipkan salam hangat, termasuk ucapan selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh masyarakat Kota Palu khususnya dan Sulteng umumnya.

Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan Komjen Nanang itu dinyatakan beberapa hal diantaranya pentingnya beribadah kepada Allah SWT sebagai pencipta alam semesta.

"Ini kesempatan bagi kita semua untuk memperbanyak ibadah di bulan penuh berkah dan magfirah ini," katanya.

Disamping itu, Kapolri juga menyinggung tentang kewajiban seorang aparat kepolisian dalam mencegah terjadinya tindak kejahatan sebagaimana dijelaskan di dalam ayat suci Al Quran.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Bidang Humas Polda Sulteng Kompol Kahar Muzakkir mengatakan, kedatangan Komjen Nanang Sukarna ke Palu dalam rangka mewakili Kapolri dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan tahun 2010 ini.

Selain acara buka puasa bersama jajaran unsur forum pimpinan daerah, Komjen Nanang Sukarna juga berkesempatan memberikan bantuan perlengkapan shalat kepada sejumlah anak yatim piatu dan kaum dhuafa di Palu.

Irwasum Polri tiba di Bandara Mutiara Palu pada Rabu sore sekitar pukul 17.25 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda.

Orang ketiga di Polri itu disambut langsung oleh Gubernur Sulteng HB Paliudju, Kapolda Brigjen Polisi Muhammad Amin Saleh, seluruh kapolres di Sulteng, serta unsur forum pimpinan daerah setempat.

Acara buka puasa yang dilanjutkan dengan makan malam dan Shalat Maghrib bersama yang berlangsung di Gedung Suranindi, Jln Muhammad Yamin itu, berakhir dengan Shalat Isya dan Shalat Tarawih berjamaah.(*)

(PSO-106/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010