Jakarta (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan ESQ Leadership Center menyelenggarakan ESQ Training for All untuk mahasiswa baru universitas tersebut.

Trainer ESQ leadership center Ridwan Mukri kepada pers di Jakarta, Rabu, mengatakan, pelatihan yang ditujukan bagi seluruh mahasiswa baru UI itu dilaksanakan selama dua hari pada 24-25 Agustus 2010 di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta.

Ridwan Mukri menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan itu dilakukan sebagai upaya untuk dapat menuju generasi emas Indonesia yang memiliki nilai kejujuran, tanggung jawab, visioner, dan disiplin.

Menurut dia, pelatihan itu dimulai pukul 06.30 WIB dan diakhiri dengan acara buka puasa bersama.

Dikatakannya bahwa kegiatan ini akan menjadi Training ESQ dengan jumlah peserta terbesar yakni mencapai 7.500 orang.

Para peserta adalah mahasiswa Baru angkatan 2010 yang terdiri dari

mahasiswa Program Reguler, Program Non Reguler (Paralel), Program Vokasi, Program Ekstensi, Program Internasional dan Program Kerjasama Daerah dan Industri (KSDI). Seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan itu dengan cuma-cuma.

Melalui kegiatan ini, UI mengharapkan lahirnya mahasiswa yang cerdas secara spiritual, emosional dan intelektual sehingga dapat menjadi agen utama perubahan moral bangsa.

Diyakini bahwa mahasiswa yang cerdas intelektual akan mampu menghasilkan karya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Dengan kecerdasan emosinya, mahasiswa mampu merasakan kehidupan di sekelilingnya dan peduli pada masalah kemasyarakatan yang terjadi.

Sedangkan dengan kecerdasan spiritualnya akan membuat semua hal yang mereka lakukan dimaknai sebagai pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa.

ESQ adalah pelatihan sumber daya manusia yang bertujuan untuk membentuk nilai moral dan karakter manusia, melalui penggabungan tiga potensi yang ada di manusia yaitu kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.
(T.H-CS/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010