Bogor (ANTARA News) - Sepanjang Ramadhan 1431 Hijriyah omzet Kantor Cabang Pegadaian Pasar Mawar, Kota Bogor, Jawa Barat mengalami lonjakan hingga 10 persen.

Pemimpin Kantor Cabang Pegadaian Pasar Mawar Kota Bogor, Eddy Martono di Bogor Kamis mengatakan, setiap tahun omzet pegadaian pada Ramadhan selalu mengalami peningkatan dibandingkan bulan-bulan biasa.

"Tren omzet Pegadaian Cabang Pasar Mawar Bogor selalu meningkat dari tahun ke tahun. Terutama saat Ramadhan, peningkatan selalu tajam yaitu berkisar antara 10 hingga 15 persen," ujar Edy Martono.

Menurut Edy Martono, omzet Pegadaian Cabang Pasar Mawar pada 1 hingga 26 Juli mencapai Rp 4,879 miliar.

Edy menambahkan, pada bulan ini yaitu mulai 1 hingga 26 Agustus omzet Pegadaian Cabang Pasar Mawar mencapai Rp 5,4 miliar.

Total kenaikan omzet yang dialami Pegadaian Cabang Pasar Mawar Kota Bogor yaitu sekitar 10 persen.

Peningkatan omzet Pegadaian Cabang Pasar Mawar sepanjang Ramadhan dipengaruhi oleh peningkatan masyarakat akan berbagai kebutuhan rumah tangga.

Oleh karena itu saat Ramadhan aktivitas pinjam meminjam dan transaksi di Pegadaian Pasar Mawar mengalami lonjakan tajam dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Dikatakannya, barang-barang yang digadaikan sangat bervariasi yaitu berupa emas dan berbagai barang elektronik.

Edy Martono memprediksi menjelang Idul Fitri omzet di pegadaian yang dipimpinnya akan mengalami peningkatan. Peningkatan diperkirakan akan terjadi antara H-4 hingga H-2.

"Pada tahun-tahun sebelumnya setiap Idul Fitri selalu terjadi lonjakan omzet, karena meningkatnya aktivitas transaksi," paparnya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010