Anti Hoax

Hoaks! UAS tersangka uang sumbangan umat

Hoaks! UAS tersangka uang sumbangan umat

Ustad Abdul Somad saat membawakan tausyah pada peringatan Isra Mikraj SD Islam Athirah II Makassar secara virtual, Selasa (9/02/2021). ANTARA Foto/HO-Humas Athirah Makassar

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video yang mencatut nama UAS dengan potongan wajah Ustaz Abdul Somad di tampilan depan muncul pada kanal YouTube, 28 Mei 2021.

Video yang berasal dari akun Suara Inspirasi itu berjudul "Berita Terkini ~ UAS Jadi Tersangka!! Polri Amankan Uang Sumbangan Umat" dengan durasi 10 menit.

Dalam tampilan depan video, disertakan pula tulisan "Akhirnya Terungkap. Polri Temukan Bukti Baru. UAS Terjerat Pasal Berlapis" yang ditonton lebih dari 700 ribu kali.

Tampak wajah Ustaz Abdul Somad dalam potongan gambar video seakan memakai baju tahanan berwarna jingga pada tampilan depan unggahan itu.

Tapi, benarkah Ustaz Abdul Somad atau UAS menjadi tersangka dalam kasus penggelapan uang sumbangan umat?
 
Tangkapan layar hoaks unggahan video berjudul "UAS Jadi Tersangka!! Polri Amankan Uang Sumbangan Umat". (Youtube)


Penjelasan:
Penelusuran ANTARA menemukan unggahan video yang mencatut UAS itu adalah hoaks. Video berdurasi 10 menit itu tidak menyebut Ustaz Abdul Somad menggelapkan uang sumbangan umat.

ANTARA juga melakukan pencarian berita terkait UAS tersangka dan tidak menemukan berita serupa pada media-media arus utama.

Mengutip Turnbackhoax.id, foto yang digunakan dalam tampilan depan (thumbnail) video itu adalah hasil suntingan dari video berita yang dipublikasikan Kompastv.com pada 21 Januari 2020, berjudul "Perkembangan Kasus Memiles, Siapa Lagi Artis yang Diperiksa”.

Klaim: UAS tersangka uang sumbangan umat
Rating: Hoaks

Cek fakta: Poster pendaftaran CPNS Kemenkumham 2021 ini resmi?

Cek fakta: Tusuk jari dapat menolong orang yang terserang strok? Ini faktanya!

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkominfo ingatkan masyarakat tak sulut hoaks, jelang putusan MK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar