Seoul (ANTARA News) - Sebuah konvoi diduga membawa pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il tiba di stasiun kereta api di kota industri China, Harbin, Senin selama perpanjangan kunjungannya yang mengejutkan ke China, menurut satu laporan.

Konvoi terdiri 35 mobil itu diduga membawa Kim dan rombongannya meninggalkan Hotel Tai Yang Dao di kota China timur laut pada Senin pagi, dan tiba di stasiun tersebut pada pukul 07:55 waktu setempat, menurut kantor berita Yonhap.

Tujuan Kim berikutnya tidak diketahui namun diduga dia akan menuju ke sebuah wilayah otonomi Korea di China timur laut, sebelum ke Pyongyang, kata Yonhap.

Kim diduga telah berada di China sejak Kamis, melakukan perjalanan dengan kereta api pribadi dan mungkin didampingi oleh putranya Kim Jong-Un, calon penggantinya sebagai pemimpin negara komunis itu.

Para analis mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk mendapatkan restu China berkaitan dengan alih-kekuasaan kepada Jong-Un, selain untuk mendapatkan bantuan ekonomi dan pangan yang sangat diperlukan setelah terjadi banjir yang melanda Korea Utara baru-baru ini.

China adalah satu-satunya sekutu esar Korea Utara dan penopang ekonominya.

Beijing adalah ketua perundingan enam negara mengenai perlucutan senjata nuklir Pyongyang dan menekan Korea Utara agar kembali ke forum itu, yang dia tinggalkan sejak April 2009.

Kim dilaporkan bertemu dengan pemimpin China, Hu Jintao di kota timur laut Changchun, dan mengatakan ingin berkunjung ke instalasi-instalasi industri serta tempat yang berkaitan dengan ayahnya, Kim Il-Sung, presiden pendiri Korea Utara.

AFP/H-AK/A023

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010