Denpasar (ANTARA News) - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bali I Putu Gede Indriawan Karna meminta pemerintah tegas dan melawan sikap Polisi Laut Malaysia, dalam kasus penangkapan petugas Dinas Kelautan Indonesia beberapa pekan lalu.

"Pemerintah harus bersikap tegas. Karena ini sudah menyangkut kedaulatan bangsa dan negara Indonesia," katanya di Denpasar, Selasa.

Dia menyatakan tidak bisa menerima perlakuan kepolisian Diraja Malaysia karena faktanya nelayan Malaysia melanggar perairan wilayah Iindonesia.

Ia menilai, kalau pemerintah Indonesia terus melunak, Malaysia akan terus "menggempur" sektor-sektor lain, terbukti Sipadan dan Ligitan sudah dirampas Malaysia.

"Dulu masalah perbatasan Ambalat, begitu juga sejumlah seni budaya Indonesia di klaim oleh Malaysia. Ke depannya apa yang akan mereka utak-atik?" katanya.

Sementara itu Ketua Perhimpunan Mahasiswa Pancasila Bali Nyoman Mardika mengusulkan pemerintah Indonesia berunding, tapi juga harus mengambil strategi lebih keras.(*)

I020/R010/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010