Jakarta (ANTARA News) - Sepanjang Januari hingga Juli 2010, turis asing yang melancong ke Indonesia dilaporkan mencapai 4,039 juta orang, naik 13,49 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Deputi Direktur Wilayah Asean Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Chrismiastutie, di Jakarta Selasa menyatakan, kenaikan itu terbilang signifikan ditengah era peralihan dan pemulihan krisis global.

Dalam periode sama tahun lalu jumlah turis asing yang ke Indonesia mencapai 3.558.887 orang.

Chris menambahkan, negara kontributor terbanyak wisatawan mancanegara (wisman) adalah Malaysia yang terdata sebanyak 648.865 orang atau tumbuh 17,07 persen dibandingkan tahun lalu.

Singapura menjadi kontributor kedua terbanyak dengan jumlah wisman ke Indonesia sampai Juli 2010 sebanyak 641.553 orang atau tumbuh 6,54 persen.

"Untuk tahun depan kita akan tetap gencarkan promosi wisata ke Malaysia dan Singapura," kata Chris.

Hal ini karena dua negara itu masih tetap merupakan fokus pasar pariwisata RI yang menyumbangkan jumlah turis di atas 1 juta orang dari tahun ke tahun.

Pihaknya akan menggelar sejumlah event promosi di antaranya sales mission, table top yang mempertemukan pelaku bisnis wisata RI dengan Malaysia/Singapura, dan mengikuti bursa pariwisata terbesar di dua negara itu.

"Itu upaya untuk memaintain dua fokus pasar tersebut," katanya.

Untuk tahun depan, pihaknya menargetkan mampu menjaring 1,5 juta wisman Malaysia dan 1,2 juta wisman Singapura.

Jumlah itu tergolong signifikan mengingat target total perolehan jumlah wisman tahun depan sebanyak 7,5 juta wisman.


(H016/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010