Indramayu (ANTARA News) - Sejumlah pemudik yang mengunakan kendaraan roda empat mulai terlihat malam hari di Jalur Pantai Utara Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (31/8), mereka sengaja karena udara malam terasa sejuk dan jalan lengang.

Sejumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat lebih nyaman perjalanan malam hari, karena terhindar dari kepadatan penguna jalan lain. Siang hari kendaraan angkutan umum juga sepeda motor cukup padat di jalur pantura Indramayu.

Surono pemudik asal Kabupaten Lamongan Jawa Timur, saat istirahat di warung dadakan di Indramayu, kepada wartawan, mengatakan, perjalanan malam hari dari Jakarta menuju Jawa Timur terasa nyaman. Meski saat ini truk barang padat di jalur pantura.

Dikatakannya, sengaja mudik lebih awal supaya terhindar dari kepadatan kendaraan pemudik lain, jika sudah masuk H-7 biasanya perjalanan terhambat, saat ini kondisi jalan masih nyaman dan lengang, apalagi malam hari.

Ia mengatakan, perjalanan mudik hingga ke kampung halamannya di Lamongan Jawa Timur sangat melelahkan, namun penting sekali lebaran dapat berkumpul dengan keluarga. Karena di desanya rata-rata perantau yang bisa ketemu saat lebaran tiba, sehingga dirinya memaksakan pulang kampung.

"Mudik sangat berkesan bagi masyarakat desa yang mencari penghasilan dikota, meski resiko dalam perjalanan sangat tinggi, jika tidak mudik terasa ada yang terlewatkan perjalan hidup dalam satu tahun," katanya.

Sementara itu Briptu Kadar salah satu anggota Brimob yang berada di jalur pantura Indramayu mengaku, pemudik malam hari sudah mulai terlihat, mereka rata-rata menggunakan kendaraan roda empat, mungkin untuk menghindari udara pantura yang panas.

Dikatakannya, pemudik yang lebih awal terhindar dari kepadatan kendaraan, sehingga perjalan mereka nyaman dan cepat sampai kota tujuannya, diperkirakan mudik lebaran tahun ini sepeda motor jumlahnya akan meningkat.

Menurut dia, H-9 sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai ramai, mereka melintas ke Indramayu berkelompok, tujuanya paling daerah Tegal, Kuningan, Cirebon, Pekalongan, Pemalang, biasanya pemudik roda empat jarak tempuhnya lebih jauh.

Sementara itu dijalur pantai utara Indramayu pihak kepolisian dan Dinas perhubungan juga Dinas kesehatan, sedang mendirikan pos pengamanan lebaran. Pada H-7 semua pelayan bagi mudik sudah maksimal.(*)

(ANT-061/Y008/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010