Pengamat: Airlangga punya kans maju di Pilpres 2024

Pengamat: Airlangga punya kans maju di Pilpres 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dipercaya untuk memimpin Sherpa Track G20 melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia pada 27 Mei 2021. ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian/pri. (ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto memiliki kans besar untuk maju di Pilpres 2024.

“Yang jelas, Airlangga Hartarto sudah punya otoritas tiket (ikut kontestasi Pilpres 2024). Ketua umum itu sudah memiliki kans menjadi calon presiden (capres). Ketua umum dipersiapkan untuk tiket capres atau cawapres,” kata Pangi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo kemungkinan bisa saja memberikan restu kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Hal ini mengingat keberhasilan Airlangga dalam mengatasi persoalan ekonomi, termasuk pandemi COVID-19. Airlangga juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), katanya.

Baca juga: Direktur IPS sebut peluang bagi pasangan Puan-Anies pada Pilpres 2024
Baca juga: PKB tawarkan konsep Poros Harapan Baru di Pilpres 2024
Baca juga: Pengamat sebut PDIP inginkan pilpres dua pasang calon punya plus minus


Menurut dia, sinyal restu Jokowi untuk Airlangga Hartarto semakin terlihat dengan beragam kepercayaan yang diberikan untuk Ketua Umum Partai Golkar itu. Belum lama ini, misalnya, Airlangga Hartarto ditunjuk sebagai Ketua Presidensi G20 Indonesia.

“Jadi bisa saja Jokowi restui Airlangga. Chemistry mereka juga saya perhatikan dapat dan sejalan,” kata Pangi.

Sementara itu, hasil survei nasional Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), terkait nama-nama yang dianggap potensial mengikuti kontestasi Pilpres 2024, sosok Airlangga dianggap memiliki peluang yang cukup prospektif.

Peneliti ARSC Bagus Balghi menilai potensi tersebut turut dilatarbelakangi kinerja dan kapasitas Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian yang menangani berbagai isu krusial.

“Nama Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto dalam tingkatan yang berbeda, tapi menunjukkan konsistensi kemunculan dan prospek yang cukup besar dalam Pilpres 2024. Khusus Airlangga Hartarto, (prospeknya dilatarbelakangi) penanganan isu ekonomi rakyat dan pandemi,” kata Bagus.

Dalam survei, ARSC juga menemukan jika kriteria sosok sipil, seperti kinerja yang terukur dan pengalaman yang baik, memiliki potensi yang besar untuk dipilih masyarakat. Posisi ketua umum partai menjadi penting karena otoritas pengambilan keputusan di tingkat partai.

Pewarta: Fauzi
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kasus COVID-19 di Indonesia 1 banding 100 ribu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar