Jakarta (ANTARA News)- Bintang utama dalam Film Transformer Shia LeBeouf, untuk kedua kalinya berada di puncak daftar aktor bernilai paling tinggi di Hollywood.

Penilaian atas para aktor itu didasarkan pada jumlah keuntungan yang dihasilkan dari film mereka dibandingkan dengan honor mereka terima, sesuai dengan data yang diterima dari Forbes.

Agar layak masuk dalam daftar itu, para aktor tersebut setidak-tidaknya telah membintangi tiga film dalam lima tahun terakhir dan tiap film itu telah ditayangkan paling kurang di 500 bioskop.

Film-film yang dibintangi LeBeouf meraih total keuntungan 3,5 miliar dolar. Jika dikonversi ke poundsterling, setiap Poundsterling yang diterima aktor berusia 24 tahun itu film-filmnya mendapat 81 Poundsterling.

Sementara itu, Anne Hathaway menjadi aktris paling berharga dan secara keseluruhan berada di urutan kedua dalam daftar itu. Film-filmnya meraih 64 Poundsterling untuk setiap satu Poundsterling yang ia terima.

Kesuksesan itu ia kecap setelah berperan sebagai 'White Queen' dalam film 'Alice in Wonderland'. Film itu meraup keuntungan lebih dari satu miliar dollar atau 650 juta Poundsterling dan menjadikan Hathaway lebih berharga ketimbang Julia Roberts dan Angelina Jolie yang menerima bayaran lebih tinggi.

Harry Potter alias Daniel Radcliffe berada di urutan ketiga. Untuk tiap satu Poundsterling yang diterima pemeran utama film yang diangkat dari novel karya J. K. Rowling itu, film-filmnya bisa meraih keuntungan sebesar 61 Poundsterling.

Robert Downey Jr yang mengalami pasang surut dalam karirnya akibat masalah obat-obatan terlarang pada era 1990an kini juga menjadi salah satu yang paling berharga di industri film Amerika Serikat.

Keberhasilannya dalam film 'Iron Man 2' dan 'Sherlock Holmes' membawanya di urutan keempat di daftar bintang-bintang yang paling berharga di Hollywood.

Berikutnya terdapat bintang cantik Jennifer Aniston bersama aktris kawakan Meryl Streep.

Aniston memang sempat gagal dalam film 'Love Happens' tetapi filmnya 'The Bounty Hunter' meraup keuntungan sebesar 136 juta dollar, setara dengan 88 juta Poundsterling.

Secara keseluruhan filmnya meraih 21 Poundsterling untuk setiap satu Poundsterling yang diterima mantan istri BradPitt itu.

Daftar itu merupakan pukulan telak untuk para artis Holywood yang sering dijuluki 'Twenty Million Dollar Club', kelompok bintang yang mendapat bayaran sebesar 20 juta dollar untuk setiap film yang mereka bintangi.

Pasalnya ukuran dalam daftar itu akan dipelajari oleh studio-studio film utama di Holywood untuk membandingkan antara bayaran sang bintang dan keuntungan yang bisa didatangkan dari film yang dibintanginya.
(Ber/A038/BRT)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010