Jakarta (ANTARA News) - Ganda putri Della Destiara/Suci Rizki Andini menantang unggulan kedua Lotte Jonathans/Pauline Van Dooremalen pada perempatfinal turnamen Grand Prix Gold Bitburger Terbuka di Jerman, Jumat.

Pasangan tersebut hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk meraih kemenangan 21-15, 21-9 atas ganda putri Ceko Alzbeta Basova/Sarka Krizkova sekaligus meraih tempat di babak delapan besar, Kamis malam waktu setempat.

Asisten pelatih Pelatnas Paulus Firman yang mendampingi mereka bertanding di Jerman optimistis Della/Suci mempunyai peluang untuk menang atas pasangan Belanda di perempatfinal.

"Peluang (untuk menang) ada juga, 50-50 lah, mudah-mudahan bisa," Paulus.

Keberhasilan Della/Suci maju ke perempatfinal itu menyusul ganda putri lainnya Komala Dewi/Kesya Nurvita Hanadia yang sudah lebih dulu meraih tempat di delapan besar setelah lawan mereka di babak 16 besar Jenny Wallwork/Gabrielle White dari Inggris menarik diri dari turnamen berhadiah 120.000 dolar AS tersebut.

Dua tunggal putri Pelatnas juga maju ke perempatfinal turnamen yang berlangsung di Saarbruecken, Jerman tersebut setelah Linda Wenifanetri dan Aprilia Yuswandari memenangi pertandingan putaran kedua mereka.

Linda bermain selama 54 menit untuk mengalahkan unggulan keenam asal China Li Xuerui 21-16, 16-21, 21-17 untuk selanjutnya pemain China lainnya, Zhou Hui yang mengalahkan unggulan ketiga Ella Diehl dari Rusia dengan skor ketat 21-15, 22-24, 22-20.

Tunggal putri pelapis di Pelatnas Cipayung itu semula nyaris kalah setelah tertinggal 10-14 pada game ketiga, namun ia bangkit dan berhasil membalik keadaan dengan memimpin 19-15 sebelum meraih kemenangan.

Paulus Firman yang mendampingi Linda bertanding mengatakan, penampilan Linda yang lebih berani menekan lawan menjadi kunci kemenangan tersebut.

"Dia lebih berani menekan lawan lewat reli-reli panjang yang akhirnya lawan membuat kesalahan sendiri," ujar Paulus Firman.

Sedangkan Aprilia bermain lebih lama lagi, satu jam 09 menit, untuk menyisihkan unggulan kelima Linda Zechiri dari Bulgaria 21-16, 18-21m 21-17.

Selanjutnya Aprilia bertemu pemain Macau Wang Rong yang secara mengejutkan menyingkirkan pemain tuan rumah Jerman, unggulan kedua Juliane Schenk dengan kemenangan tipis 29-27, 24-22.

Ganda putra menyisakan pasangan Angga Pratama/Rian Agung Saputra di delapan besar setelah mereka berhasil mengatasi unggulan delapan Laurent Constantin/Sebastien Vincent dari Prancis 21-17, 21-19.

Pada perempatfinal, Angga/Rian menghadapi tugas berat melawan unggulan teratas Mathias Boe/Carsten Mogensen, pasangan peringkat tiga dunia yang juga finalis All England.

Sementara itu, langkah dua ganda terhenti ketika pasangan Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan kalah oleh unggulan keenam Marcus Ellis/Robin Middleton dari Inggris dengan skor ketat 22-24, 24-26 dan ganda campuran Muhammad Rizki Delynugraha/Richi Puspita Dili menyerah kepada unggulan ketiga Mikkel Delbo Larsen/Mie Schjoett-Kristiansen 6-21, 21-7, 17-21.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010