Shanghai (ANTARA) - Saham China ditutup lebih rendah pada hari Kamis, berbalik dari kenaikan kecil pada tengah hari karena kenaikan di perusahaan konsumen tertahan setelah survei swasta menunjukkan bahwa pertumbuhan aktivitas jasa melambat pada Mei.

Pada penutupan, Indeks Komposit Shanghai turun 0,36 persen pada 3.584,21 dan indeks saham unggulan CSI300 0,66 persen lebih rendah, dengan kedua indeks membalikkan kenaikan pada perdagangan tengah hari.

Sektor kebutuhan pokok konsumen menyerahkan sebagian besar kenaikannya untuk hari ini menjadi berakhir hanya 0,09 persen lebih tinggi, turun dari kenaikan 1,46 persen pada tengah hari. Sub-indeks perawatan kesehatan turun 1,25 persen.

Baca juga: Saham China dibuka merosot, lanjutkan kerugian sehari sebelumnya

Perusahaan perawatan kesehatan dan konsumen telah berayun antara kerugian dan keuntungan minggu ini, karena investor mempertimbangkan dampak pengumuman Beijing bahwa pasangan yang sudah menikah dapat memiliki hingga tiga anak.

Kinerja saham konsumen yang goyah mengikuti survei sektor swasta yang menunjukkan ekspansi yang lebih lambat dalam aktivitas sektor jasa China pada bulan Mei.

Perbankan termasuk di antara yang melemah terbesar pada indeks CSI300, dengan sub-indeks yang melacak sektor ini turun 0,71 persen hari ini. Sub-indeks sektor keuangan CSI300 turun 0,56 persen.

Baca juga: IHSG akhir tahun diprediksi sentuh 6.500, ditopang data positif RI

Penutupan yang lebih rendah terjadi sehari setelah jumlah neraca perdagangan margin China, indikator sentimen investor, mencapai level tertinggi sejak Juli 2015, karena investor meminjam lebih banyak untuk membeli saham di tengah reli saham.

Indeks Shenzhen yang lebih kecil berakhir turun 0,34 persen dan papan pengembangan Indeks Komposit ChiNext melemah 1,272 persen.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang melemah 0,21 persen, sementara Indeks Nikkei Jepang ditutup naik 0,39 persen.

Pada pukul 07:07 GMT, yuan dikutip pada 6,3926 per dolar AS, 0,17 persen lebih lemah dari penutupan sebelumnya 6,3815 karena regulator terus membuat gerakan yang ditafsirkan sebagai peringatan bagi spekulan yang bertaruh pada mata uang China yang lebih kuat.

Baca juga: Yuan kembali melemah 38 basis poin terhadap dolar AS

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021