Jakarta (ANTARA News) - Hewlett-Packard Co memenangkan perang penawaran untuk membeli perusahaan penyimpanan data 3PAR Inc dengan harga 2,4 miliar dolar, dan saingannya Dell Inc tersingkir pada Kamis.

HP meningkatkan tawarannya 3 dolar menjadi 33 dolar per saham, mengalahkan tawaran Dell 32 dolar per saham dan mengakhiri sebuah eskalasi tawaran yang banyak analis mengatakan sudah terlalu jauh.

Saham 3PAR ditutup naik 2,5 persen pada 32,88 dolar di New York Stock Exchange pada Kamis. Sebagian besar mereka memperdagangkan pada kisaran 10 dolar tahun ini, hingga Dell mengumumkan tawaran awal 18 dolar per saham pada pertengahan Agustus.

Nilai kesepakatan 3PAR lebih dari delapan kali penjualan, dan banyak analis mengatakan tawaran itu sudah terlalu tinggi untuk perusahaan yang hampir tidak pernah menyetak keuntungan sejak didirikan pada 1999. Kelipatan diatas lima dianggap mulia dalam transaksi perusahaan teknologi.

Bagaimanapun juga, 3PAR sangat diuntungkan. Perusahaan itu bersaing dengan yang lebih besar seperti EMC Corp dalam penyimpanan data, dianggap sebagai bagian penting dari "cloud computing"-- sebuah teknologi yang semakin populer yang memungkinkan komputer pengguna mengakses data dan perangkat lunak melalui Internet, memungkinkan perusahaan memangkas biaya.

Teknologi tersebut dianggap semakin penting seperti email, video online dan transaksi bisnis elektronik yang meletakkan beban pada pusat data perusahaan. Kekuatan besar dan penjualan HP akan cepat mengubah 3PAR menjadi terbesar, binsis yang lebih menguntungkan, kata beberapa orang.

"Saya pikir itu penilaian yang sangat tinggi? Sungguh. Tapi saya rasa, mengingat bahwa itu semua uang, tidak harus terlalu menunggu lama," kata analis dari Stifel Nicolaus & Co, Aaron Rakers. "Pertanyaannya, asumsi sinergi pendapatan apa yang mereka buat?"

Penawaran agresif HP juga menunjukkan tidak mereka punya niat menjadi sisi lain dari kesepakatan dengan absennya seorang CEO. Mark Hurd bulan lalu mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif HP dalam skandal dengan kontraktor pemasaran perempuan walaupun laporannya masih diragukan.

Pemain Besar

Bulan lalu, bulan yang luar biasa sibuk untuk membuat kesepakatan, tersibuk dalam lebih satu dekade, ketika suku bunga rendah, tumpukan uang tunai yang tinggi dan rendahnya nilai pasar saham mendorong perusahaan untuk membuat kesepakatan-kesepakatan baru.

Pengumuman kesepakatan dan penawaran dalam bulan Agustus yang biasanya lambat, naik menjadi 262 juta dolar di seluruh dunia, menurut data Thomson Reuters.

Kesepakatan terbaru itu juga mucul dari vendor teknologi besar seperti Dell, HP, International Business Machines Corp dan Cisco Systems Inc, sedang mencari untuk diversifikasi dan menjadi toko satu atap untuk berbagai kebutuhan teknologi klien mereka.

HP, dengan 115 miliar dolar pendapatan tahunan dibandingkan dengan Dell hanya 53 miliar dolar, selalu dilihat sebagai layaknya pemenang.

Analis Macquarie Research, Richard Choe mengatakan kesepakatan itu, sementara mahal, menegaskan posisi kas HP yang kuat. Perusahaan itu mengakhiri kuartal ketiga dengan 14.7 miliar dolar kas dan setara kas.

Namun Dell lebih gigih dibanding banyak yang diharapkan. Dell dan HP masing-masing membuat empat tawaran untuk 3PAR.

Dell mengatakan berhak atas pembayaran 72 juta dolar dari 3PAR karena melanggar perjanjian merger. Saham Dell Kamis (2/9) berakhir naik 2 persen pada 12,36 dolar, sementara saham HP ditutup naik 1,2 persen menjadi 39,68 dolar.

"Kami mengambil pendekatan terukur selama proses berlangsung dan telah memutuskan untuk mengakhiri diskusi ini," kata Dave Johnson, yang bertanggung jawab atas strategi perusahaan Dell, dalam sebuah pernyataan.

Analis dari Wedbush Securities, Kaushik Roy, yang mengkritik sudah berapa banyak peserta lelang yang bersedia membayar 3PAR, mengatakan hal itu lebih baik bagi Dell untuk membeli perusahaan lain.

Pesaing seperti EMC dan NetApp Inc mungkin mahal, tapi pemain lain dalam ruang penyimpanan termasuk Compellent Technologies Inc, CommVault Systems Inc, dan Isilon Systems Inc, kata Roy. Dell juga bisa membeli Brocade, yang menjual peralatan penyimpanan data dan peralatan jaringan.

Saham Brocade naik 7,9 persen, Compellent meningkat 18,6 persen, CommVault naik 5,2 persen dan Isilon naik 3,5 persen.

Perang Penawaran jarang terjadi disektor teknologi.

Dalam perang penawaran terakhir di industri teknologi, EMC Corp mengalahkan NetApp tahun lalu untuk membeli Data Domain dengan 2,4 miliar dolar. Data Domain disarankan dalam kesepakatan itu oleh Frank Quattrone, bankir veteran teknologi yang sama dalam negosiasi terbaru 3PAR.

JPMorgan Chase & Co penasihat HP, dan Credit Suisse Group AG penasihat Dell.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010