Bogor (ANTARA News) - Hampir sebagian wilayah Kota Bogor, Jabar, diguyur hujan, termasuk kawasan Katulampa, tapi tidak di Puncak, sehingga debit air di Bendung Katulampa normal.

"Malam ini wilayah Puncak dan Katulampa tidak hujan, debit air saat ini pukul 23:00 WIB masih normal yakni 40 centimeter," ujar Kepala Penjaga Katulampa, Andi Sudirman, saat dihubungi ANTARA, Sabtu malam.

Andi menyebutkan, cuaca di kawasan Kota Bogor khususnya di Katulampa, mulai malam ini memang diguyur hujan, namun tidak berpengaruh untuk Bendung Katulampa, karena di kawasan Puncak tidak hujan.

Hujan turun di wilayah Kota Bogor sejak petang yakni pukul 18:00 WIB, hujan dengan intensitas lebat turun merata di Kota Bogor meski sebentar berhenti sebentar turun.

"Hujan petang tadi tidak terlalu mempengaruhi debit air, karena penentu kenaikan air kalau di kawasan Puncak hujan, malam ini di Puncak tidak turun hujan," sebutnya.

Sebelumnya, Jumat malam debit air Bendung Katulampa mengalami peningkatan mencari 140 centimer, dan pihak penjaga memberlakukan status siaga empat.

Air kiriman dari Bogor menyebabkan Jakarta terendam banjir. Namun, malam ini Andi menjamin, karena di kawasan Puncak tidak turun hujan, tidak ada kiriman air dari Bogor.

Andi tetap menghimbau masyarakat yang tinggal di sepanjang kali Ciliwung untuk mewaspadai debit air yang naik tiba-tiba pada musim penghujan kali ini.

(KR-LR/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010