Misano, Italia (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Spanyol Dani Pedrosa memimpin sejak awal balapan untuk menjuarai MotoGP Grand Prix San Marino, Minggu, yang diwarnai kesedihan setelah pembalap Jepang Shoya Tomizawa tewas setelah kecelakaan dalam balapan sebelumnya.

Pembalap Honda Pedrosa, yang menempati posisi kedua dalam klasemen, mencapai finis di depan pemimpin klasemen dan rekan senegaranya Jorge Lorenzo dari tim Yamaha, untuk memotong jarak menjadi 63 poin dengan sisa enam balapan lagi di musim ini.

Tomizawa meninggal dunia di rumahsakit setelah mengalami kecelakaan berat pada awal balapan Moto2, saat dia dihantam dua motor lainnya. Pedrosa sedang tidak ingin merayakan kemenangannya.

"Pikiran saya jauh dari balapan ini," katanya pada televisi Mediaset. "Untuk balapan segalany sempurna, namun sekarang saya sangat goncang."

Pedrosa mempertahankan keunggulannya di depan dari Lorenzo sejak awal balapan dan kemenangan sudah bisa diperkirakan sebelumnya.

Juara dunia Valentino Rossi berada di posisi ketiga dengan Yamaha dia, setelah menyalip Casey Stoner tigakali dalam pertarungan di posisi tengah.

Stoner, yang akan digantikan oleh Rossi di Ducati tahun depan, mencapai finis di posisi kelima di belakang Andrea Dovizioso.(*)
(I015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010