Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA News) - Aparat Kepolisian menjaga ratusan pemudik yang bermalam di Pelabuhan Bakauheni, Lampung yang baru tiba dari Pelabuhan Merak, Banten.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Pelabuhan Bakauheni, AKP Yohanes Agustiandaru, mengatakan, di Bakauheni, Jumat, saat mengontrol keamanan lokasi pemudik bermalam, penjagaan tersebut untuk memberikan rasa aman bagi pemudik dari aksi kriminalitas.

Dia mengatakan, saat para pemudik tertidur, bisa saja dimanfaatkan oleh sejumlah orang yang mengambil kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan, terutama terhadap barang berharga bawaan pemudik.

Menurutnya, sebenarnya pihak kepolisian mengimbau para pemudi untuk melanjutkan perjalanan menuju Terminal Induk Rajabasa Bandarlampung, namun karena pemudik memilih bermalam maka pihak kepolisian tetap akan memberikan layanan keamanan.

"Kami tidak dapat memaksa pemudik untuk tetap melanjutkan perjalanan menuju Terminal Induk Rajabasa," kata dia.

Agustiandaru menjelaskan, enggannya para pemudik melanjutkan perjalalan, karena sebagian para pemudik bertempat tinggal di perdesaan sehingga saat malam hari tidak ada layanan angkutan perdesaan.

"Dengan bermalam di Pelabuhan Bakauheni maka pemudik dapat leluasa melanjutkan perjalanan saat siang hari dengan tersedianya angkutan yang beroperasi di perdesaan," kata dia.

Selain itu, menurut Agustiandaru, sebagian pemudik merasa khawatir saat melanjutkan perjalalan malam hari karena was-was menjadi korban percaloan yang ada di terminal yang biasanya memaksa para penumpang untuk menaiki bus dengan tarif diatas rata-rata bahkan terkadang dengan pemaksaan.

Sebenarnya, lanjut dia baik di Terminal Bakauheni maupun terminal Induk Rajabasa aparat kepolisian telah mengamnkan dari aksi kriminalitas kepada pemudik sehingga tidak perlu khawatir lagi.

"Kami telah mensosialisasikan dengan berbagai upaya seperti himbauan langsung atau dengan spanduk-spanduk," kata dia.

Dia menambahkan,dengan adanya para pemudik yang memilih untuk tetap bermalam maka pihaknya dengan sepenuh hati untuk menjaga guna memberikan layanan keamanan kepada para pemudik saat arus mudik berlangsung.

Berdasarkan pemantauan pada Senin dini hari sekitar lima ratusan pemudik menginap digedung milik PT ASDP Indonesia Ferry dengan pengamanan penuh oleh sejumlah aparat kepolisian pelabuhan dan Brimob dari Mabes Polri. (ANT-048/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010