Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengunjungi lokasi letusan pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dijadwalkan berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, pada pukul 07.00 WIB.

Rombongan direncanakan tiba di Pangkalan Udara TNI AU Kelapa Sawit, Medan, pada pukul 09.25 WIB dan langsung mendengarkan paparan dari Gubernur Sumatra Utara Syamsul Arifin tentang penanganan bencana alam meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

Setelah itu, Presiden langsung menuju tempat pengungsian bencana alam meletusnya Gunung Sinabung di Jambur Sempakata dan Jamur Tuah Lopita, Kabupaten Karo, yang berjarak tempuh sekitar satu jam jalan darat dari Kota Medan.

Dalam rombongan dijadwalkan turut serta beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, antara lain Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, dan Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri.

Presiden dan rombongan direncanakan menginap satu malam di Medan dan baru kembali ke Jakarta pada Selasa (7/9) pagi.

Hingga Sabtu (4/9) 2010, jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung berjumlah 21.701 jiwa.

Sedangkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung telah menurun relatif tenang.

Dalam satu hari terjadi tiga gempa vulkanik dengan hembusan abu yang mulai jarang. (D013/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010