Hari Lingkungan Hidup, Anies tanam bambu di bantaran Kali Pesanggrahan

Hari Lingkungan Hidup, Anies tanam bambu di bantaran Kali Pesanggrahan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menanam bambu di bantaran Kali Pesanggrahan, Jakarta, Sabtu (5/6/2021). (Instagram/@aniesbaswedan)

Babeh ini sudah melakukan konservasi menjaga lingkungan alam di sekitar Kali Pesanggrahan yang bisa jadi percontohan
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan melakukan penanaman bambu di bantaran Kali Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Sabtu.

"Kita ada kegiatan menanam bambu kemudian juga menanam kayu putih sebagai rempah-rempah," kata Anies Baswedan.

Dalam kesempatan itu, Anies Baswedan juga menemui Chaerudin, relawan penjaga lingkungan di bantaran Kali Pesanggrahan. Anies menyampaikan apresiasinya kepada pria yang akrab disapa Babeh Idin itu atas dedikasinya dalam menjaga lingkungan di Kali Pesanggrahan.

"Babeh ini sudah melakukan konservasi menjaga lingkungan alam di sekitar Kali Pesanggrahan yang bisa jadi percontohan," ujar Anies.

Anies menilai bahwa Jakarta membutuhkan lebih banyak sosok seperti Babeh Idin yang telah berjuang dalam merawat dan menjaga lingkungan agar tetap lestari.

Menurut Anies, apa yang dilakukan Babeh Idin dapat menjadi contoh yang baik bagi seluruh masyarakat Jakarta dalam berperan menjaga lingkungan.

"Saya ingin sampaikan apresiasi, di Jakarta ini membutuhkan lebih banyak lagi contoh praktik baik yang bisa dijadikan rujukan, salah satunya di sini," katanya 

Baca juga: Camat di Jaksel ajak warga dan pelaku usaha matikan lampu
Baca juga: Wali Kota Jaksel instruksikan pemadaman lampu selama 60 menit


Dia berharap nanti masyarakat Jakarta melihat sebuah kawasan hijau natural di tepi kanan-kiri sungai. "Ini adalah salah satu contoh yang bisa dilihat," kata Anies.

Sementara itu, Babeh Idin mengatakan bahwa melakukan naturalisasi sungai bukan hanya sekadar membuat lingkungan menjadi kembali menjadi hijau.

Namun lebih dari itu. Naturalisasi lingkungan juga memiliki nilai kehidupan dan nilai konservasi.

"Menanam bambu bagian dari konservasi. Tadi dibilang oleh Pak Gubernur bahwa bambu penyerap radiasi yang kuat di antara ribuan pohon," kata Babeh Idin.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar