BMKG: Waspada hujan disertai kilat-angin kencang di sejumlah wilayah

BMKG: Waspada hujan disertai kilat-angin kencang di sejumlah wilayah

Awan gelap menggelayut di atas kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (27/5/2021). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/aww.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia, Minggu (6/6).

Berdasarkan informasi peringatan dini dalam laman www.bmkg.go.id, yang dikutip di Jakarta, Sabtu malam, wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Banten di wilayah Lebak bagian timur.

Kemudian di DKI Jakarta di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hingga menjelang malam hari.

Di Jambi di wilayah Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, dan Kota Sungai Penuh pada malam hari.

Di Jawa Barat di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung barat, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

Di Kalimantan Barat adalah Kabupaten dan Kota Melawi. Di Kalimantan Selatan di wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Tabalong serta Kabupaten Kotabaru,

Di Kalimantan Tengah di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah. Di Kalimantan Timur di wilayah Long Apari, Batu Ampar, Karangan, Kongbeng, Sandaran, Sangkulirang dan Bengalon.

Di Kalimantan Utara di Wilayah Pujungan, Krayan, Krayan selatan, Sungai Boh, Kayan Hilir, Lumbis dan Sungai Menggaris.

Di Lampung di wilayah Lampung Barat, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus pada siang dan sore hari.

Di Sulawesi Barat di wilayah Kabupaten Mamasa (Tabulahan), Mamuju, Mamuju Tengah dan Mamuju Utara.

Di Sulawesi Tengah di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Di Papua Barat yakni di Raja ampat, Pegunungan Arfak dan Maybrat.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

30 Menit - BMKG kini, tak sekadar cuaca dan iklim (1)

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar