Purwakarta (ANTARA News) -  Arus lalu lintas keluar gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memasuki H-3 lebaran 2010 atau Selasa dini hari meningkat hingga terjadi kepadatan yang cukup berarti.

Akibat meningkatnya arus lalu lintas yang terjadi sejak Senin (6/9) tengah malam hingga Selasa dini hari tersebut, petugas menutup jalur dari gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura dan mengalihkannya ke jalur tengah atau selatan.

Pengalihan arus lalu lintas itu dilakukan petugas di sekitar pertigaan Cikopo. Dari gerbang Tol Cikampek, kendaraan yang keluar gerbang tol itu dialihkan menuju jalur Purwakarta dan menutup jalur menuju jalur Pantura.

Melalui pengerah suara, petugas di Pos Aju Cikopo Polres Purwakarta, mengumumkan jalur mudik yang harus dilalui para pemudik.

Untuk melintasi jalur tengah, pemudik bisa melewati Sadang-Kalijati-Subang-Cikamurang-Kadipaten-Cirebon.

Sedangkan untuk melintasi jalur selatan, pemudik bisa masuk kembali ke jalan Tol Purbaleunyi, melalui gerbang Tol Sadang atau gerbang Tol Jatiluhur, kemudian keluar gerbang Tol Cileunyi hingga ke Nagrek.

Pengalihan arus lalu lintas itu dilakukan karena kondisi gerbang Tol Cikampek yang cukup padat. Antrean kendaraan di seluruh pintu gerbang Tol Cikampek cukup panjang dan terjadi kepadatan kendaraan di jalur Pantura.

Atas hal itu, petugas menutup jalur menuju jalur Pantura dan mengalihkan pemudik ke jalur tengah atau selatan.

Pengalihan arus yang dilakukan pada Selasa dini hari, sekitar pukul 00.45 WIB itu berlangsung tidak lebih dari setengah jam. Setelah itu, petugas kembali membuka jalur menuju jalur Pantura.

Sebelumnya, pada Senin malam atau H-4 lebaran sekitar 23.20 WIB dan pukul 21.00 WIB, petugas juga melakukan pengalihan arus lalu lintas, dengan menutup arah dari gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura, dan mengalihkan kendaraan menuju jalur tengah atau selatan.(*)
(KR-MAK/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010