Bakauheni, Lampung (ANTARA News)- Pelabuhan Bakauheni dipadati pemudik pada Rabu dini hari dan puncak arus mudik di pelabuhan penyeberangan ke Pulau Jawa itu diperkirakan terjadi pada hari ini atau dua hari sebelum Lebaran 2010.

Berdasarkan pemantauan ANTARA News di Pelabuhan Bakauheni, pemudik bersepeda motor masih mendominasi arus mudik, disamping yang menggunakan kendaraan pribadi dan bus.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor juga memanfaatkan waktu beristirahatnya di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di dekat pelabuhan penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan.

Mereka meluangkan waktu beristirahat sebentar setelah melakukan perjalanan jauh, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan.

Para pemudik tersebut setelah tiba di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dari Merak Banten langsung melanjutkan perjalanan menuju tujuan.

Ratusan pemudik juga terlihat masih banyak yang menginap di pelabuhan Bakauheni menunggu pagi hari untuk melanjutkan perjalanan menuju Terminal Rajabasa Bandarlampung.

Sementara arus penumpang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak Banten terlihat sepi.

Di pelabuhan Bakauheni tidak terlihat antrean panjang kendaraan maupun penumpang yang akan membeli tiket kapal feri.

Pemudik yang tiba di Pelabuhan Bakauheni pada H-3 menurun dibandingkan hari sebelumnya atau H-4 lebaran.

Manejer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry, Zailis Anas, mengatakan, menurunnya jumlah penumpang pada H-3 karena hingga pada sore hari tadi jumlah penumpang yang datang hanya mencapai 20.052, sedangkan pada H-4 selama sehari semalam jumlah penumpang mencapai 53.544 orang penumpang.

"Dengan melihat penambahan penumpang tersebut selama H-3 dari pukul 00.01 WIB hingga 00.00 WIB, jumlah penumpang tidak akan mencapai jumlah tersebut," kata dia.

Dia mengatakan, jumlah penumpang menurun cukup banyak karena pada hari Minggu (H-5) lalu jumlah penumpang tembus 60.000 orang yang tiba dari Merak ke Bakauheni.

Namun, kata Zailis, tidak tertutup kemungkinan Rabu atau H-2 akan menjadi hari puncak arus mudik.

Berdasarkan data terakhir dari PT Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, pada H-4, keberangkatan pemudik dari Pelabuhan Bakauheni sebanyak 38.543 orang penumpang dengan 3.604 unit roda empat, 903 unit roda dua, 606 unit bus, dan 801 unit truk.

Sedangkan kedatangan tercatat 53.544 orang penumpang dengan 9.924 unit kendaraan yang terdiri atas 4.930 unit kendaraan roda empat, 3.888 unit roda dua, 494 bus penumpang dan 612 truk muatan.
(A054/H009)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010