London (ANTARA News/Reuters) - Mantan pelatih Liverpool dan Prancis Gerard Houllier kembali ke Liga Premier sebagai manajer Aston Villa, Rabu.

Pelatih asal Prancis berusia 63 tahun itu menggantikan Martin O`Neill yang mundur bulan lalu hanya beberapa hari sebelum dimulainya musim kompetisi baru.

"Saya sangat gembira dan bangga bergabung dengan klub besar dan bersejarah ini," kata Houllier melalui laman Villa (avfc.co.uk).

"Keputusan yang sangat sulit bagi saya meninggalkan FFF

(Federasi Sepak Bola Prancis) tetapi saya tidak bisa menolak kesempatan untuk menangani klub yang melakukan pendekatan, baik di dalam maupun di luar lapangan yang lama saya kagumi.

"Aston Villa adalah salah satu klub terbesar Inggris dan mempunyai fans yang luar biasa. Ini tantangan yang sangat besar dan satu yang sangat saya tunggu untuk ditangani."

Kepala eksekutif Villa Paul Faulkner mengatakan dalam pernyataannya bahwa Houllier adalah kandidat terkemuka untuk menggantikan O`Neill.

"Dua dari kunci kualitas yang kami identifikasi, yang sangat penting dalam pencarian kami untuk manajer baru adalah pengalaman mengatur dalam Liga Premier dan strategi membangun di atas kekuatan yang ada dalam tim kami saat ini dan Gerard Houllier memenuhi kriteria tersebut," katanya.

Houllier telah menangani Lens, Paris St Germain, Liverpool dan

Olympique Lyon dan dua kali bekerja sebagai direktur teknik FFF, meninggalkan pekerjaan itu untuk pindak ke Villa Park.

Ia memenangi lima trofi bersama Liverpool pada 2001, termasuk Piala Liga, Piala FA dan Piala UEFA, dan tiga gelar Liga Prancis, dengan PSG pada 1986 Lyon pada 2006 dan 2007.

Houllier menjalani operasi jantung pada 2001 setelah jatuh sakit saat pertandingan, tetapi kembali sebagai manajer Liverpool setelah lima bulan pemulihan dan tetap di Anfield hingga 2004.

Villa telah mengawali musim ini dengan tidak menentu, memenangi dua dari tiga pertandingan liga pertama mereka dan disingkirkan dari Liga Europa oleh Rapid Vienna.

Pertandingan pertama Houllier bertugas mungkin adalah melawan Stoke City pada Senin.

(F005/A016/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010