Madrid (ANTARA News) - Apa yang menjadi kunci sukses menjadi pelatih sepak bola? Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane menyebut bahwa sepak bola bukanlah hal yang rumit, karena itulah pelatih berpaspor Prancis ini memberanikan diri menukangi Los Galacticos.

Ketka menjawab pertanyaan dari Canal Plus Prancis, dalam sebuah wawancara bertajuk "Nouvelle Vie", Zidane mengungkap motif sesungguhnya ia bersedia menjadi pelatih sesudah pensiun sebagai pemain.

Dalam wawancara itu, ia berbicara blak-blakan soal keluarganya, soal sesama rekan timnya, soal rumus sukses menjadi pelatih, sampai bicara mengenai para guru dan teman-teman sekolahnya.

Zidane mengatakan, "Sepak bola tidaklah rumit. Sepak bola hanyalah soal melepas operan. Juga soal penampilan anda dalam pertandingan, seberapa bahayakah posisi anda bagi lawan. Saya berada dan berpihak kepada pemain. Saya mendengarkan mereka."

"Saya ingin tim yang saya latih mampu tampil cemerlang di setiap pertandingan, melepas umpan secara tepat dan membuat keputusan secara tepat sebelum mereka mengumpan dan setelah mereka menerima umpan dari rekan tim," katanya sebagaimana dikutip dari laman Marca.

"Ketika mereka kehilangan bola, saya ingin mereka cepat bergerak, kemudian melapis pertahanan secara rapat, menekan lawan tiada henti di lapangan dan tidak pernah membiarkan lawan terus bergerak mencari ruang."

"Saya ingin mereka sedapat mungkin mencoba dan memenangi setiap duel perebutan bola. Semuanya demi keseimbangan tim. Banyak orang menyaksikan hal ini secara berbeda, meski semuanya sederhana saja bagi saya," katanya. 

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016