Jateng siapkan tempat karantina tangani lonjakan kasus COVID-19

Jateng siapkan tempat karantina tangani lonjakan kasus COVID-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek fasilitas kamar karantina di STIE Bank Jateng. ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng.

kita siapkan dulu pada saat tahun lalu COVID-nya muncul
Semarang (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan tempat karantina untuk menangani lonjakan jumlah kasus COVID-19 yang terjadi di beberapa daerah.

"Ini ruang yang kita siapkan dulu pada saat tahun lalu COVID-nya muncul, belum pernah dipakai tempatnya bagus, kemarin saya minta ini untuk dibuka lagi, sudah dibersihkan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek fasilitas kamar karantina di STIE Bank Jateng di Semarang, Selasa.

Di lokasi tersebut, Ganjar mengecek satu persatu bilik dan tempat tidur isolasi, serta fasilitas seperti perlengkapan alat pelindung diri bagi tenaga medis, dan tempat MCK.

"Jadi nanti kalau dari Kudus, Demak sekitar Semarang membutuhkan, ini sudah siap. Bagus sekali tempatnya, AC-nya juga hidup. Di sini malah 'bed-nya' bagus," ujarnya.

Baca juga: Jateng percepat vaksinasi bentengi masyarakat dari COVID-19
Baca juga: Delapan daerah zona merah COVID-19 di Jateng diberi instruksi khusus


Menurut Ganjar, tempat tersebut sudah siap digunakan menjadi tempat isolasi terpusat untuk penanganan COVID-19.

Rencananya, tempat karantina yang belum digunakan itu akan dimanfaatkan untuk mengisolasi pasien pasien COVID-19 dari Kabupaten Kudus dan sekitarnya.

Hal tersebut disampaikan Ganjar menanggapi meningkatnya kasus COVID-19 di sejumlah daerah Jateng sehingga mulai mengakibatkan bed occupancy rate (BOR/keterisian tempat tidur) di daerah-daerah tersebut mulai penuh.

Orang nomor satu di Jateng itu kemudian, meminta pemerintah kabupaten/kota lainnya untuk bergotong royong membantu penanganan COVID-19.

Baca juga: Cegah COVID-19, objek wisata religi dan alam di Pati-Jateng ditutup
Baca juga: Kasus aktif di Kudus melonjak 806, Polda Jateng siap bantu penanganan
Baca juga: COVID-19 tinggi, tempat tidur pasien di Kudus-Jateng tersisa 12 buah

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkab Magetan ubah gedung SD jadi tempat karantina pasien OTG

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar