Dipusatkan di Tanah Datar, Festival Pesona Minangkabau digelar Juli

Dipusatkan di Tanah Datar, Festival Pesona Minangkabau digelar Juli

Dokumentasi - Seorang seniman, Baharudin St Rajo Endah (66) memainkan bansi, alat musik tradisional untuk wisatawan di objek wisata desa terindah Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Selasa (23/2/2021). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww

Namun pada tahun 2020 pemerintah memutuskan untuk tidak menggelar ajang pariwisata Festival Pesona Minangkabau  itu dikarenakan pandemi COVID-19
Batusangkar, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sedang melakukan persiapan untuk menggelar ajang pariwisata Festival Pesona Minangkabau yang akan dilaksanakan pada Juli 2021.

"Festival Pesona Minangkabau merupakan salah satu ajang tahunan di Kabupaten Tanah Datar yang pada tahun 2021 iniakan digelar bulan Juli," kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Kabupaten Tanah Datar, Efrison di Batusangkar Rabu.

Ia mengatakan Festival Pesona Minangkabau merupakan salah satu ajang pariwisata di Sumatera Barat yang masuk ke dalam 100 Wonderful Indonesia sejak 2017.

Namun pada tahun 2020, kata dia, pemerintah memutuskan untuk tidak menggelar ajang pariwisata Festival Pesona Minangkabau  itu dikarenakan pandemi COVID-19.

Direncanakan pada tahun 2021 ini ajang Festival Pesona Minangkabau itu kembali digelar dan dimajukan jadwalnya pada Juli dan akan berlangsung selama tiga hari.

"Pada tahun-tahun sebelumnya Festival Pesona Minangkabau biasanya digelar di akhir tahun, namun karena cuaca saat itu musim hujan maka acaranya digelar pada Juli," katanya.

Ia mengatakan ragam budaya dan tradisi Minangkabau ditampilkan pada acara tersebut, sesuai dengan tujuan kegiatan itu yakni untuk memperkenalkan dan mewariskan nilai-nilai budaya kepada generasi muda dan juga pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kegiatan itu juga dapat memromosikan potensi wisata di Tanah Datar dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Untuk pemecahan rekor MURI tahun ini, kata dia, belum bisa diputuskan dan masih dibicarakan dengan pihak MURI.

"Kita sudah sampaikan ke pihak MURI, masih kita bicarakan dan dipertimbangkan rekor apa yang kita pecahkan," demikian  Efrison .

Baca juga: 1.599 pemain talempong Tanah Datar pecahkan rekor MURI

Baca juga: Festival Pesona Minangkabau dimeriahkan budaya Minangkabau-Melayu

Baca juga: Kemenpar buka Festival Pesona Minangkabau 2019

Baca juga: Agam gelar Festival Pesona Danau Maninjau

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Konsumsi BBM di Sumbar menurun selama PPKM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar