Yogyakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Daerah Operasi VI Yogyakarta akan mengoperasionalkan kereta api tambahan kelas eksekutif Argo Dwipangga pada 13 September hingga angkutan Hari Raya Idul Fitri 1431 H selesai.

"Sebelumnya memang tidak ada rencana menambah kereta api (KA) kelas eksekutif, namun mengingat kebutuhan dan ada tambahan rangkaian kereta baru dari PT Industri Nasional Kereta Api (INKA) maka akhirnya kami bisa mengoperasionalkan KA tambahan eksekutif," kata Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta Eko Budiyanto, di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, KA eksekutif ekstraLebaran Argo Dwipangga akan diberangkatkan dari Stasiun Solo Balapan dengan tujuan Stasiun Jakarta Gambir dengan membawa delapan gerbong berkapasitas 400 tempat duduk.

"Kereta ini akan mulai dioperasionalkan pada 13 September 2010 pukul 21.30 WIB dan akan melayani penumpang sampai angkutan Lebaran 2010 selesai," katanya.

Ia mengatakan saat ini tempat duduk masih tersedia sehingga calon penumpang dapat langsung membeli di loket atau memesan melalui reservasi di seluruh stasiun yang berada di wilayah Daops VI Yogyakarta.

"Selain itu masyarakat juga bisa memesan atau membeli tiket di agen-agen yang telah online maupun di seluruh Kantor Pos yang sudah buka," katanya.

Eko mengatakan KA eksekutif ekstraLebaran Argo Dwipangga semuanya serba baru karena belum lama keluar dari pabrik di PT INKA Madiun sehingga kondisinya sangat nyaman.

"Bahkan KA eksekutif ini sangat ramah lingkungan karena pembuangan kotoran dari toilet yang sebelumnya langsung jatuh di lintasan rel KA, maka untuk KA ini air maupun kotoran dari toilet akan ditampung dan diolah sehingga tidak bau, bersih, dan steril," katanya.
(V001/M008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010