Paris (ANTARA News) - Barcelona dan AC Milan, dua klub elit Eropa, secara mengejutkan dipermalukan oleh lawan yang sama-sama klub papan bawah di kompetisi domestik pada lanjutan kompetisi Liga Spanyol dan Italia, Minggu.

Barcelona, juara Liga Spanyol, di luar dugaan menyerah 0-2 di hadapan pendukung sendiri saat berhadapan dengan Hercules. Inilah kekalahan pertama Barca dari Hercules dalam 13 tahun terakhir.

Sementara di Italia, Cesena yang juga baru promosi ke Liga Seri A, berhasil mempermalukan AC Milan, juga dengan skor 2-0.

Penyerang Nelson Haedo Valdez asal Paraguah yang baru saja direkrut dari Borussia Dortmund, mencetak kedua gol Hercules untuk memberikan kekalahan pertama Barcelona di kandang sendiri sejak 23 Mei 2009.

Pep Guardiola, pelatih Barcelona, menolak untuk mencari alasan atas kekalahan yang terjadi hanya berselah dua minggu istirahat babak kualifikasi Euro 2012.

"Memang selalu ada istirahat pertandingan internasional dan kami kalah bukan karena alasan itu," kata Guardiola.

"Saya memahami bahwa para pemain berlatih setiap hari dan saya tidak meragukan kemampuaan tim," katanya.

Kekalahan tersebut juga memberikan pukulan berat terhadap pemain asal Argentina Javier Mascherano yang mengawali debutnya bersama Barca setelah direkrut dari Liverpool dengan nila kontrak 22 juta ero.

Pada pertandingan lainnya di Liga Spanyol, pelatih Jose Mourinho mengawali debutnya di kandang sendiri sebagai pelatih Real Madrid dengan kemenangan 1-0 atas Osasuna berkat gol tunggal Ricardo Carvalho, rekan sesama asal Portugal.

Namun kemenangan tersebut ternyata tidak memuaskan pada pendukungnya di Stadion Santiago Bernebeu sehingga para pemain Madrid dan Mourinho pun jadi sasaran ejekan.

"Publik bisa mengejek jika mereka mau dan saya menghargai mereka," kata Mourinho.

"Saya bekerja demi kepuasan total pendukung dan mereka membayar saya untuk bekerja, bukan untuk mengkritik penonton. Saya tidak akan pernah mengatakan sesuatu yang melawan pendukung Real Madrid," katanya menambahkan.

Pada pertandingan lain, Atletico Madrid dan Valencia sama-sama meraih kemenangan kedua setelah mengalahkan Athletico Bilbao dan Racing Santander.

Di pertandingan Liga Itaiia Seri A, Cesena yang dua tahun lalu masih berada di divisi tiga, diluar dugaan untuk sementara berada di kelompok empat besar berkat kemenangan 2-0 atas AC Milan.

Kedua gol tersebut dicetak oleh Erjon Bogdani dan Emanuele Gianccherini.

Kegagalan dua pemain Milan yang direkrut dengan harga tinggi, yaitu Robinho dan Zlatan Ibrahimovic saat melakukan tendangan penalti pada debut mereka, semakin melengkapi malapetaka Milan.

"Tim ini perlu menampilkan pertandingan dengan sikap yang sama sekali berbeda dari sebelumnya. kami harus berani berborban, terutama saat ketinggalan," kata pelatih AC Milan Massimiliano Allegri.

Juara bertahan Inter Milan, mengamankan pertandingan pertama mereka di awal kompetisi dengan kemenangan 2-1 atas tim tamu Udinese.

Samuel Eto`o memastikan kemenangan Inter setelah Antonio Floro membuyarkan keunggulan Udinese di awal pertandingan melalui gol Lucio.

"Tentu saja hal paling penting adalah kemenangan. Kami mengawali pertandingan dengan baik, tapi kami kemudian kehilangan kontrol di barisan tengah dan lawan mempunyai serangan balik yang berbahaya," kata Rafael Benitez, pelatih Inter.

Di Liga Jerman, juara bertahan Bayern Munich juga tertatih-tatih dan untuk sementara masih tertinggal lima angka dari pimpinan klasemen Hoffenheim setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Werder Bremen.(*)

AFP/a032/A016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010