Los Angeles (ANTARA News) - Debut "Resident Evil: Afterlife", yang pekan lalu cuma di tingkat nasional, telah mengubah film itu jadi nomor 1, dengan perolehan 27,7 juta dolar AS dari penjualan tiket bioskop.

Sementara itu pertunjukan di teater IMAX memberi hasil cukup besar dari total pemasukan, demikian keterangan box office Amerika Utara, Ahad (12/9).

Sebagai film keempat dari serial adaptasi film yang dilandasi oleh serial video game penyintas horor Capcom "Resident Evil", film-aksi paling akhir sains-fiksi tersebut memulai debutnya di teater IMAX dan 3D pada 10 September di 3.202 lokasi dari 4.700 layar di AS dan Kanada.

Dari teater yang menayangkan film paling akhir tersebut, 2.062 layar telah menampilkan film itu dalam bentuk ilusi reguler 3D dan 141 di IMAX 3D. Film tersebut adalah pembuka utama kelima pada musim panas tahun ini dari Sony. Kebanyakan naskah buat film itu secara sengaja diperuntukkan bagi teknologi 3D, kata produser, sutradara dan penulis Paul W.S. Anderson belum lama ini.

"Aku menulis semuanya ke dalam naskah yang aku tahu akan memberi hasil bagus di 3D, seperti banyak seting dengan terowongan yang terasa dalam, lorong lift, dan lahan besar serta luas," demikian penjelasan Paul.

Sony juga memiliki film nomor dua pada akhir pekan lalu, "Takers". Film tersebut memperoleh 6,1 juta dolar AS dari penjualan tiket masuk pada akhir pekan lalu. Penghasilannya selama tiga pekan ialah 48,1 juta dolar AS. "The American" dari Focus feature berada di urutan ketiga, dengan 5,9 juta dolar AS dari perkiraan penjualan tiket akhir pekan, dan penghasilan totalnya selama dua pekan adalah 28,3 juta dolar AS.

Berikut adalah film lain yang menjadi 10 film paling laris pada akhir pekan lalu:

-- No.4: "Machete", Fox, dengan penghasilan 4,2 juta dolar AS pada akhir pekan lalu, dan 20.8 juta dolar AS selama dua pekan;

-- No.5: "Going The Distance", Warner Bros, 3,8 juta dolar AS akhir pekan lalu, dan 14 juta dolar AS selama dua pekan;

-- No.6: "The Other Guys", Sony/Columbia, dengan 3,6 juta dolar AS pada akhir pekan lalu, dan 112,7 juta dolar AS selama enam pekan;

-- No.7: "The Last Exorcism", 3,5 juta dolar AS pada akhir pekan, dan 38,2 juta dolar AS selama empat pekan;

-- No.8: "The Expandables", Lionsgate, 3,3 juta dolar AS akhir pekan lalu, serta 89,5 juta dolar AS selama lima pekan;

-- No.9: "Inception", Warner Bros, 3 juta dolar AS pada akhir pekan, dan 282,4 juta dolar AS selama sembilan pekan;

-- No.10: "Eat Pray Love", Sony, 2,9 juta dolar AS akhir pekan, dan 74,6 juta dolar AS selama lima pekan.(*)

Xinhua/C003/F001

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010