Surabaya (ANTARA News) - Musisi yang pernah bergiat di Bengkel Teater asuhan WS Rendra, Sawung Jabo, mudik ke Surabaya sambil membagikan ilmu teater kepada seniman Surabaya.

"Kebetulan, saya sedang mudik di Surabaya, saya sudah delapan tahun tidak mudik ke sini. Saya bersilaturahim dengan kerabat dan kawan-kawan seniman, sekaligus sedikit berbagi ilmu teater," katanya di Surabaya, Senin.

Seniman yang selama ini tinggal di Australia tersebut membagikan ilmu teater dalam workshop teater di Galeri Surabaya, Kompleks Balai Pemuda, Surabaya pada 12-13 September.

"Lebaran memang membuat banyak waktu tersita untuk urusan kekerabatan dan kunjung mengunjungi, tapi latihan dalam teater adalah soal rutinitas. Berlatih mesti tiap hari, ada atau tidak ada pementasan. Jika itu tidak dilakukan, jangan bermimpi menjadi aktor yang baik," katanya.

Dalam workshop yang merupakan pemanasan dari rangkaian Kompetisi Teater Indonesia pada November itu, Sawung Jabo memberikan materi dasar-dasar pernapasan, olah vokal, dan asosiasi.

"Jadi, sekali kesempatan dua manfaat terengkuh sekaligus yakni mudik dan berbagi ilmu teater," kata seniman kelahiran Ampel, Surabaya dan dewasa di Banyuurip, Surabaya itu.
(E011/Z002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010