New York (ANTARA News/AFP) - Wall Street ditutup naik pada Senin waktu setempat, karena para pedagang didorong oleh sebuah perbaikan utama bank global, data ekonomi yang kuat dari China dan berita terbaru dari akuisisi oleh raksasa komputer Hewlett-Packard.

Dow Jones Industrial Average naik 81,36 poin (0,78 persen) menjadi 10.544,13 pada penutupan, sedangkan inikator yang lebih luas indeks S&P 500 meningkat 12,35 poin (1,11 persen) menjadi mencapai 1.121,90 poin.

Indeks komposit teknologi Nasdaq naik 43,23 poin (1,93 persen) menjadi 2.285,71.

Pertemuan para bankir bank sentral dan regulator di Basel, Swiss pada Minggu menyetujui langkah-langkah yang mewajibkan bank-bank untuk meningkatkan cadangan modal mereka secara substansial sebagai penyangga terhadap gangguan keuangan yang akan datang.

Peraturan baru, yang disebut Basel III, akan memaksa bank-bank untuk meningkatkan lebih dari tiga kali lipat cadangan mereka saat ini dari sekitar dua persen menjadi tujuh persen antara 2013 dan 2019.

Perpanjangan jangka waktu meredakan kekhawatiran di kalangan investor bahwa perbaikan itu bisa menekan pemulihan dari resesi terburuk dalam beberapa dekade yang sudah goyah, kata analis.

"Basel III jelas-jelas merupakan faktor penahan keuangan, kami khawatir tentang berapa pembatasan itu akan, berapa agresif akan ... mereka punya banyak waktu untuk mencapai tujuan tersebut," kata Marc Pado, analis di Cantor Fitzgerald.

Berita perbaikan itu mendorong saham bank-bank melompat, dengan JP Morgan Chase naik 3,40 persen, Wells Fargo meningkat 2,87 persen dan Bank of America naik 2,95 persen.

"Kejelasan dan keringanan dari perjanjian Komite Basel akhir pekan tentang kewajiban modal global membantu mendukung sentimen dan kenaikan global di pasar-pasar saham," analis di Charles Schwab mengatakan dalam catatannya.

"Bank akan memiliki periode delapan tahun untuk memenuhi peraturan modal baru, yang membantu meningkatkan optimisme pada kemampuan sektor tersebut untuk berhasil memperkuat sistem keuangan global."

Optimisme tentang pemulihan global juga memberikan dorongan baru setelah Beijing mengatakan pada Sabtu bahwa output (produksi) industri China meningkat 13,9 persen tahun-ke-tahun pada Agustus, dibandingkan dengan 13,4 pada Juli.

"Rally" kuat juga didukung oleh berita akuisisi baru.

Saham pembuat perangkat lunak keamanan ArcSight meroket 25,1 persen, setelah raksasa komputer Hewlett-Packard mengumumkan pembelian ArcSight untuk sekitar 1,5 miliar dolar.

Akuisisi ini terjadi hanya beberapa hari setelah HP muncul sebagai pemenang dalam suatu perang penawaran dengan saingan utamanya Dell untuk perusahaan penyimpanan data 3PAR.

Saham Hertz naik 7,76 persen di tengah berita pihaknya bergerak untuk membeli Dollar Thrifty seharga 1,43 miliar dolar.


Pasar obligasi sedikit naik.

Hasil pada obligasi Treasury 10-tahun AS turun menjadi 2,741 persen dari 2,795 persen pada Jumat sedangkan pada obligasi 30-tahun turun menjadi 3,842 persen dari 3,873 persen. Hasil dan harga obligasi bergerak dalam arah berlawanan. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010