Kulon Progo (ANTARA News) - Puncak arus balik Lebaran menggunakan kereta api dari Stasiun Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, diperkirakan terjadi pada Jumat sampai Minggu, atau 17 hingga 19 September 2010.

"Oleh karena itu, para calon penumpang terutama kereta kelas ekonomi diimbau menghindari kepadatan pada hari-hari tersebut. Hindari keberangkatan pada Jumat hingga Minggu, karena diprediksikan puncak arus balik terjadi pada hari-hari tersebut," kata Kepala Daerah Operasional (Daops) VI PT Kereta Api (KA) Noor Hamidi, di Wates, Selasa.

Ia mengatakan untuk mengatasi lonjakan jumlah penumpang pada hari-hari tersebut, PT KA Daops VI Yogyakarta telah mempersiapkan kereta tambahan kelas ekonomi, bisnis, dan kelas eksekutif.

"Untuk kereta api kelas ekonomi kami sediakan kereta barang yang dikombinasikan dengan kereta penumpang, untuk mengangkut penumpang yang tidak terangkut kereta api reguler pada Jumat hingga Minggu," kata Noor.

Sedangkan kereta tambahan untuk kelas bisnis dan eksekutif, menurut dia, pihaknya telah mempersiapkan dua kereta api Lebaran guna mengangkut penumpang yang tidak tertampung di kereta reguler.

"Kemudian untuk kereta api kelas bisnis, kami menambah kereta Senja Utama Lebaran, sedangkan untuk kereta kelas eksekutif kami sediakan kereta api Dwi Pangga yang baru, yang dikenal dengan sebutan kereta api ramah lingkungan, karena kotoran tidak dibuang di lintasan rel, tetapi ditampung terlebih dahulu kemudian dibuang," katanya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Wates Parjiyanto mengatakan terjadi lonjakan jumlah penumpang karena adanya cuti bersama, dan pelajar baru masuk sekolah pada 18 September 2010.

"Kami prediksikan puncak arus balik penumpang kereta api kelas ekonomi terjadi pada Kamis hingga Sabtu atau 16 hingga 18 September 2010," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya mengimbau para calon penumpang kereta api kelas ekonomi untuk mencari waktu di luar tanggal-tanggal tersebut, karena jika terjadi penumpukan penumpang dikhawatirkan tidak akan terangkut seluruhnya.

Menurut dia, apalagi jumlah penumpang kereta api kelas ekonomi dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta biasanya sangat banyak, sehingga setibanya di Stasiun Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) seluruh gerbong sudah penuh.

"Kemungkinan tidak terangkut oleh kereta api tujuan Bandung, Jakarta, maupun Surabaya pada 17 hingga 19 September sangat besar, khususnya bagi calon penumpang kereta kelas ekonomi. Tetapi bagi calon penumpang kereta api kelas bisnis dan eksekutif, tidak ada masalah," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau para calon penumpang menghindari keberangkatan pada tanggal-tanggal tersebut.(*)
(ANT-159/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010