Warga Minahasa selamatkan penyu belimbing raksasa

Warga Minahasa selamatkan penyu belimbing raksasa

Warga Minahasa Sulawesi Utara selamatkan seekor Penyu Belimbing raksasa yang terperangkap di rawa. ANTARAHandout/aa.

Minahasa (ANTARA) - Seekor Penyu Belimbing berukuran raksasa, berhasil diselamatkan pencinta lingkungan hidup di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, setelah diketahui sempat terperangkap di rawa air tawar di pantai Oping, Kecamatan Kakas, Sabtu.

"Kami menemukan penyu yang terperangkap di daerah rawa air tawar yang ada di sekitar pantai. Sehingga dengan cepat kami keluarkan," kata Ronald Kumendong salah satu pencinta lingkungan hidup di Minahasa.

Ia mengungkapkan, penyelamat penyu yang masuk dalam daftar hewan laut dilindungi ini, dilakukan pemuda Desa Paslaten, Kecamatan Kakas yang pada saat bersamaan sedang berada di Pantai Oping.

Baca juga: BBKSDA NTT selamatkan penyu belimbing berukuran raksasa

Baca juga: Lima penyu raksasa bertelur di Pantai Warebar Raja Ampat


"Memang baru sekarang di kawasan pantai ini ditemukan ada penyu yang kemungkinan bertelur. Karena sebelumnya tidak pernah ditemui penyu di kawasan ini," jelasnya.

Lebih lanjut kata Ronald, perlu belasan orang untuk melepaskan Penyu Belimbing tersebut kembali ke laut, karena ukurannya yang besar.

"Kami bersama-sama dengan pemuda yang peduli dengan pelestarian lingkungan langsung melepaskan penyu ke laut," katanya.

Dia pun berharap semua pihak memberikan perhatian terhadap pelestarian lingkungan, khususnya perlindungan terhadap hewan biota laut seperti Penyu Belimbing.

"Ini juga menjadi momentum memperingati hari lingkungan hidup dan hari laut sedunia. Selain itu menjadi kesadaran bersama juga bagi kita untuk tidak lagi memburu penyu atau mengambil cangkangnya," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat Kei selamatkan penyu belimbing

Baca juga: Nelayan Alor selamatkan Penyu Belimbing yang terluka dan terdampar


Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menparekraf pastikan desa wisata jadi unggulan di Likupang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar