Tukik-tukik ini merupakan hasil penetasan secara semi alami yang dilakukan di Sunctuary Penyu TWA Tanjung Belimbing
Pontianak (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Resort Konservasi Paloh Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang bersama anggota Sanctuary penyu di Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Belimbing melepasliarkan 197 tukik jenis Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata).

"Tukik-tukik ini merupakan hasil penetasan secara semi alami yang dilakukan di Sunctuary Penyu TWA Tanjung Belimbing, " ujar Kepala Resor Konservasi Wilayah Paloh, Syamsi, saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Ia mengatakan TWA Tanjung Belimbing merupakan salah satu wilayah pendaratan penyu terpanjang di Indonesia. Kegiatan konservasi penyu sudah dilakukan oleh BKSDA Kalbar sejak penunjukan status kawasan konservasi TWA Tanjung Belimbing pada 2000.

"Dari catatan, Penyu Hijau dan Penyu Sisik merupakan jenis yang paling sering melakukan aktivitas bertelur di sepanjang Pantai TWA Tanjung Belimbing, " paparnya. 

Meski begitu, empat dari enam spesies penyu yang ada di Indonesia juga tercatat pernah mendarat untuk melakukan aktivitas bertelur di pesisir Pantai TWA Tanjung Belimbing.

Menurut Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah Nomor P106 tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi, semua jenis penyu merupakan satwa dilindungi, termasuk Penyu Sisik.

Baca juga: BKSDA Kalbar: Perdagangan satwa liar mengkhawatirkan, perlu perhatian

IUCN Red list sendiri terakhir dari 30 Juni 2008 masih mengkategorikan Penyu Sisik ke dalam satwa dengan status konservasi Critically Endangered.

"Upaya konservasi penyu di TWA Tanjung Belimbing terus dilakukan secara kontinyu. Kita rutin melakukan perlindungan melalui patroli pantai, kemudian dari aspek pengawetan kita ada penetasan semi alami di Sunctuary penyu dan dari aspek pemanfaatnya, baik penyu maupun habitat pendaratan yang ada di TWA Tanjung Belimbing sering digunakan dalam kegiatan penelitian," jelasnya.

Pelepasan tukik yang dilakukan di TWA Tanjung Belimbing kali ini dilakukan saat kondisi air laut pada sore hari agar tukik tidak terlalu mengalami stres saat dilepasliarkan.

Ia berharap dengan pelepasliaran tukik ini mampu menjaga keberadaan populasi penyu di alam.

"Mari bersama-sama kita menjaga habitat dan spesies penyu agar kelestariannya dapat dipertahankan sehingga fungsi ekologis dalam menjaga keseimbangan alam dapat berjalan secara alami, " ajaknya. 

Baca juga: Penyu sisik dan hijau di Babel terancam punah
Baca juga: Puluhan telur penyu sisik menetas di penangkaran

 

Pewarta: Dedi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023